PENGUATAN NILAI PANCASILA MELALUI KOMIK SEJARAH PANCASILA PADA KELAS TINGGI DI SDN BABALAN SUMENEP

Authors

  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Miftahol Arifin Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menguatkan Nilai Pancasila melalui Komik Perumusan Pancasila Pada Kelas Tinggi yakni kelas 6 SDN Babbalan Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang bermaksud guna menguraikan dan menjelaskan suatu kejadian fenomena dengan menggunakan angka prosentase yang menggambarkan karaktersitik subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket respon siswa dan hasil belajar siswa yang disebarkan sebelum dan sesudah membaca Komik Perumusan Pancasila pada responden. Teknik analisis data didapatkan dari prosentase angket respon siswa dan hasil tes soal yang diberikan kepada siswa guna mengukur tingkat pemahaman siswa tentang proses perumusan Pancasila setelah siswa membaca Komik Perumusan Pancasila. Siswa kelas enam SDN Babbalan yang berjumlah 20 siswa, memberikan respon positif melalui hasil angket yang didapatkan rata – rata keseluruhan aspek sebesar 92% yang artinya siswa memahami dan tahu proses perumusan Pancasila dari Komik Perumusan Pancasila. Dan ketuntasan dalam memahami konsep perumusan Pancasila dari Komik Perumusan Pancasila ini adalah 100% secara keseluruhan. Jadi, dapat disimpulkan bahwasanya Komik Perumusan Pancasila dapat menguatkan nilai Pancasila pada diri siswa.

Author Biographies

Ratna Novita Punggeti, Universitas Wiraraja

Dosen S1 PGSD universitas Wiraraja Sumenep

Miftahol Arifin, Universitas Wiraraja

Dosen S1 Manajemen

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar (Cet. 3). Rineka Cipta.

AM, S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Cetakan: 2). Rajawali Press.

Arias, V., Arias, B., & Rodríguez-Medina, J. (2021). Quantitative research in education. In Handbook of Research on Teacher Education in History and Geography. https://doi.org/10.4135/9781849209670

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran; Edisi Revisi. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Boneka Tangan Dengan Metode Bercerita. Elementary School Education Journal, 2 (1), 40–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1204

Hartini. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Rak Telur Rainbow. Elementary School Education Journal, 3 (1), 66–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i1.2524

Huitt, W. (2011). Bloom et al.’s taxonomy of the cognitive domain. Educational Psychology Interactive.

Kartono, K. (2007). Psikologi Anak Psikologi Perkembangan (Cet. 6). Mandar Maju. http://mandarmaju.com/main/detail/214/Psikologi-Anak

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian (Cet.11). Alfabeta.

Slameto. (2015). BELAJAR & FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (cet,5). PT.Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2012). Psikologi pendidikan : (landasan kerja pemimpin pendidikan) (Cet. 5, ed). Rineka Cipta.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). MEDIA PENGAJARAN (Cetakan Ke). PT. Sinar Baru Algesindo.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru (Revisi) (Cetakan: 2). Rosdakarya.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Published

2022-02-24

Issue

Section

Artikel