Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Divisions

Arief Rahman Hakim

Sari

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement divisions (STAD) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah classroom action research dengan mendeskripsikan kegiatan yang terjadi di dalam kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrujo 4 Kota Malang dengan jumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran STAD. Pembelajaran dengan penggunaan model STAD ini menggunakan kelompok kecil sehingga siswa dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pembelajarannya sendiri dan orang lain, sehingga dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan komunikasi sosial bisa maksimal.

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, pembelajaran kooperatif

Abstract: This study aims to describe the application of cooperative learning models student teams achievement divisions (STAD) in improving students' interpersonal intelligence. The approach taken in this research is classroom action research by describing what activities happens in the classroom. The subjects in this study are the fourth grade students SDN Tanjungrejo IV Malang with 30 people. The results showed that interpersonal intelligence of fourth grade students of SDN Tanjungrejo IV Malang can be improved through this STAD model. This learning STAD model uses with small groups so that students can work together to maximize their own learning and others, so as to encourage students to increase social sensitivity, social understanding, and social communication can be maximized.

Keywords: interpersonal intelligence, cooperative learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amstrong, Thomas. (2002). 7 Kinds of Smart. (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Amstrong, Thomas. (2002). Sekolah Para Juara. (Terjemahan Yudhi Murtanto). Bandung: KAIFA.

Amstrong, Thomas. (2005). Setiap Siswa Cerdas. (Terjemahan Lina Buntaran) Jakarta: Gramedia Pustaka.

Arikunto & Suhardjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Pembelajaran Make A Match Dan Numbered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Ganda Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 25-31.

Gordon C & Lynn Huggins-Cooper. Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak. (Terjemahan Chynthia Rozyandra). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Ika Krisdiana. (2013). Efektivitas Model STAD Terhadap Prestasi Belajar Statistika Dasar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Distribusi Peluang Diskrit. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 1-4.

Kemmis, S., & McTaggart, R. 2007. Participatory action research. In N. Denzin & Y. Lincoln (Eds.), Handbook Strategis of qualitative Inquiry (Chapter 10 pp. 271–330).

Kurniawan. (2015) Pembelajaran dengan Kecerdasan Jamak Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2, 1-18.

Moleoung, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Safaria.(2005). Interpersonal Intellegence. Sleman: Amara Books.

Slage, D. R. 2007. The Use Cooperative Learning to Promete Academic Achievement, Self-Esteem, and Inter-Group Relations In High School Social Studies Class. Thesis. USA: Deviance College.

Slavin, E. R. 2005. Cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Soemiarti Padmonodewo. (2003). Pendidikan Anak PraSekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Kependidikan dan Perguruan Tinggi.

Williams E, Evelyn. (2005). Mengajar Dengan Empati. (Terjemahan Fuad Ferdinan). Bandung: Nuansa.

Yuliani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i1.1210

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.