Strategi Metakognitif Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Waode Hamsia Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1182

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan strategi metekognitif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris. Perlunya strategi pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa khususnya berbahasa Inggris menggunakan strategi pembelajaran metakognitif. Teori strategi metakognitif berdasarkan O'Malley dan Chamot (1990: 46) sebagai landasan teori. Pelaksanaan strategi metakognitif menerapkan tiga tahapan yaitu: 1) Perencanaan diri, 2) Pemantauan diri, dan 3) Evaluasi diri. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan dengan menciptakan hubungan yang menyenangkan dengan siswa. Siswa sangat termotivasi dengan proses pembelajaran dengan menunjukkan semangat, prestasi, kesadaran dan kemandirian dalam belajar khususnya pada ketrampilan berbicara. Pada akhirnya siswa menggunakan strategi tertentu untuk menangani kesulitan yang dihadapi dalam kelas speaking. Sehingga siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar.  

 Kata kunci: keterampilan berbicara; pembelajaran bahasa inggris; strategi metakognitif

References

Brown, H Douglas. 2001. Teaching by principles; An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Person Education. pp. 271-274.

Flavell, J. H. 1976. Metacognitive aspects of problem solving. In L. B. Resnick (Ed.), The nature of intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum. http://tip.psychology.org/meta.html

Flavell, J. H. 1979. Teori of Learning in Educational Psycholog: A new area of cognitive –development inquiry. American Psychologist. 34.906-911

https://www.slideshare.net/mobile/zulrahmattogala90

Jennifer A., Livingston. (1997). Metacognition: An Overview. http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP 64/Metacog.htm.

O’Malley and Chamot. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition.Cambridge University Press

Oxford L Rebecca. 1990. Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know

Richard and Renandya. 2002. Methodology In Language Teaching An Anthology of current Practice. Cambridge: University Press.p.210.

Wikipedia,2003. Metakognitif. http://id.m.wikipedia.org/wiki/metakognisi http://esl-lab.blogspot.co.id/2009/09/ideal-language-class-size.html Diakses 15 November 2017

Published

2018-01-03

Issue

Section

Artikel