Strategi Metakognitif Untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1182Abstract
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan strategi metekognitif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris. Perlunya strategi pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa khususnya berbahasa Inggris menggunakan strategi pembelajaran metakognitif. Teori strategi metakognitif berdasarkan O'Malley dan Chamot (1990: 46) sebagai landasan teori. Pelaksanaan strategi metakognitif menerapkan tiga tahapan yaitu: 1) Perencanaan diri, 2) Pemantauan diri, dan 3) Evaluasi diri. Tahapan-tahapan tersebut dilakukan dengan menciptakan hubungan yang menyenangkan dengan siswa. Siswa sangat termotivasi dengan proses pembelajaran dengan menunjukkan semangat, prestasi, kesadaran dan kemandirian dalam belajar khususnya pada ketrampilan berbicara. Pada akhirnya siswa menggunakan strategi tertentu untuk menangani kesulitan yang dihadapi dalam kelas speaking. Sehingga siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Â
 Kata kunci: keterampilan berbicara; pembelajaran bahasa inggris; strategi metakognitifReferences
Brown, H Douglas. 2001. Teaching by principles; An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Person Education. pp. 271-274.
Flavell, J. H. 1976. Metacognitive aspects of problem solving. In L. B. Resnick (Ed.), The nature of intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum. http://tip.psychology.org/meta.html
Flavell, J. H. 1979. Teori of Learning in Educational Psycholog: A new area of cognitive –development inquiry. American Psychologist. 34.906-911
https://www.slideshare.net/mobile/zulrahmattogala90
Jennifer A., Livingston. (1997). Metacognition: An Overview. http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP 64/Metacog.htm.
O’Malley and Chamot. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition.Cambridge University Press
Oxford L Rebecca. 1990. Language Learning Strategies: What Every Teacher Should Know
Richard and Renandya. 2002. Methodology In Language Teaching An Anthology of current Practice. Cambridge: University Press.p.210.
Wikipedia,2003. Metakognitif. http://id.m.wikipedia.org/wiki/metakognisi http://esl-lab.blogspot.co.id/2009/09/ideal-language-class-size.html Diakses 15 November 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright
The copyright holder for articles published by ELSE is the author.
Licence
Scientific articles published in this journal are licensed under license
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.