PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MAHASISWA PGSD

Authors

  • Azmi Al Bahij
  • Anisa Virgiana Rizki
  • Apri Utami Parta Santi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11799

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pendidikan lingkungan hidup berbasis problem based learning untuk mahasiswa PGSD. Hal  tersebut didasari pada pemahaman dan daya analisa materi yang cukup  rendah pada mahasiswa PGSD UMJ, sehingga diperlukan bahan ajar yang lebih interaktif. Peneliti mengembangkan E-Book sebagai bahan ajar dengan memasukkan materi pendidikan lingkungan hidup dengan isu-isu kontemporer pada saat ini, sehingga mahasiswa dapat memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menggunakan model pengembangan Rowntree dan dikombinasikan dengan model Martin Tessmer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memberikan instrumen penilaian kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan kuesioner kepada mahasiswa. Dalam uji one to-one memperoleh hasil 77% yang termasuk dalam kriteria efektif, small group memperoleh hasil 81% yang termasuk dalam kriteria sangat efektif, dan field test memperoleh hasil 83% yang termasuk kedalam kriteria sangat efektif.  Berdasarkan hasil penilaian dari ketiga ahli dan uji coba lapangan, maka bahan ajar pendidikan lingkungan hidup berbasis problem based learning untuk mahasiswa PGSD dinyatakan sangat valid (86,73%) dan efektif (80,33%) untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan lingkungan hidup.

References

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Barak, B., & Barbaros Gönencgil. (2021). A proposal of Education-Training Program Based on Climate Change Education in Social Studies Course in Turkey. In Z. B. Kostova, K. Duisenbaevna, E. Atasoy, & B. Batir (Eds.), Developments in Educational Sciences (pp. 235–263). St. Kliment Ohridski University Press. https://www.researchgate.net/publication/351579335

Bayani, A. (2019). Pengembangan E-Book Matematika Berbasis Masalah pada Materi Kubus dan Balok SMP/MTs Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7–15.

Fadhlurrahman, Hardi Mahardika, & Munaya Ulil Ilmi. (2020). Internalisasi Nilai Religius Pada Peserta Didik; Kajian Atas Pemikiran Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1), 72–91.

Hudha, A. M., Husamah, & Rahardjanto, A. (2019). Etika Lingkungan (Teori dan Praktik Pembelajarannya) (1st ed.). Universitas Muhammadiyah Malang Press. http://ummpress.umm.ac.id

Lestari, R. T., Eka Pramono Adi, & Yerry Soepriyanto. (2018). E-Book Interaktif. JKTP, 1(1), 71–76.

Liana, Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? JPFK, 2(1), 48–55. http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK

Mustoip, S., Muhammad Japar, & Zulela Ms. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Publishing.

Nugroho, Y. S., Suyitno, Daryanto, Achmad, F., Endah, L., & Rohman, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matakuliah Energi Alternatif Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 93–106. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop

Prawiradilaga, D. S. (2009). Prinsip Desain Pembelajaran. Kencana.

Restiyowati, I., & Sanjaya, I. G. M. (2012). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas Xi Sma (Ebook The Matter Of Interactive Even Semester Chemical Class Xi High School). Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 130–135.

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 327–331.

Tim Penulis. (2017). Pelestarian Satwa untuk Keseimbangan Ekosistem (F. S. Mangunjaya, Ed.; 1st ed.). Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Majelis Ulama Indonesia.

Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Modul Elektronik Interaktif Pada Mata Kuliah Inovasi Pendidikan Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 142–147. https://doi.org/10.32529/glasser.v%vi%i.334

Published

2022-02-20

Issue

Section

Artikel