PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK KETERAMPILAN LITERASI BERBICARA JIKOSHOUKAI (自己紹介) KELAS V MI KHOIRU UMMAH SURABAYA

Authors

  • Cahyani Ilhamul Khayati UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Ina Ika Pratita UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Urip Zaenal Fanani UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Miftachul Amri UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penerapan model pembelajaran artikulasi untuk keterampilan literasi berbicara jikoshoukai (自己紹介). Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas V semester 1 MI Khoiru Ummah Surabaya tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitain menggunakan tes secara lisan dan angket respon. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kategori yakni: 1) penggunaan kosakata, 2) intonasi, 3) kelancaran, 4) sikap. Siklus I mendapatkan hasil tes lisan kurang atau lemah. Adapun siklus II mengalami peningkatan secara signifikan dari 4 kategori penilaian tes lisan, yakni : 1) penggunaan kosakata mendapatkan presentase tertinggi pada nilai A yakni 83,3%, 2) intonasi mendapatkan presentase tertinggi pada nilai A yakni 66,7%, 3) kelancaran mendapatkan presentase tertinggi pada nilai A yakni 90%, 4) sikap mendapatkan presentase tertinggi pada nilai A yakni 93,3%. Sehingga dari hasil tes lisan siklus II menunjukkan sangat kuat. Hasil angket respon peserta didik menyatakan mayoritas peserta didik termotivasi dan antusias dalam aktivitas pembelajaran model artikulasi. Hal ini membuktikan model pembelajaran artikulasi layak digunakan untuk keterampilan literasi berbicara pada materi perkenalan diri Jikoshoukai (自己紹介)  bahasa Jepang.

References

Arikunto Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Alwi, Nur Azmi. 2021. Peningkatan Keterampilan Berbicara Berbicara Menggunakan

Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi di Kelas IV Sekolah Dasar.

JBASICEDU. 6: 6055-6061.

Bastiar, dkk. 2013. Model Artikulasi Pembelajaran [internet]. [cited 25 Desember 2021].

Available from: http://pejantann.blogspot.com/2013/02/model-artikulasi.html.

Fauzan, Ady dkk. 2020. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media

Pembelajaran Bahasa Arab: Durus Al-Lughah Jilid 1. Jurnal ELSE: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 4:63-78.

Faizah, Dewi Utama. 2018. Seri Manual GLS: Literasi Visual dalam Pengembangan

Budaya Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Juniarso, Triman. 2020. Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir

Kreatif Mahasiswa. Jurnal ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah

Dasar. 4:36-43.

Nurjannah, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar

Siswa Kelas XI di MA Patra Mandiri Palembang. Jurnal Neraca. 2: 210-2019.

Ras, Boeddy Eko. 2011. Model Pembelajaran Artikulasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Riduwan. 2014. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Susanti, dkk. 2011. Studi Perbandingan Belajar dengan Menggunakan Pembelajaran Model

Tipe Kooperatif dengan Tipe Artikulasi. Jambi : Edumatica.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Praningtyas, Fitra Dwi. 2019. Inovasi Model Quantum Learning Menggunakan Teori

Apersepsi Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Matakuliah Pendidikan IPS SD. Jurnal ELSE: Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Sekolah Dasar. 3:1-6.

Purwo, Suciati. 2017. Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran KreatifProduktif di Sekolah Dasar. Jurnal STKIP PGRI Tren

Published

2022-08-20

Issue

Section

Artikel