Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Berkesulitan Belajar Pada Pembelajaran IPS (Studi Pada Siswa Kelas III SD Negeri Porodeso, Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan)

Authors

  • Titis Kurnia E Fajariesta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i2b.1155

Abstract

yang mengalami kesulitan belajar. Bentuk kesulitan belajar pada setiap anak juga berbeda-beda, sedangkan pembelajaran yang biasa dilakukan guru di sekolah masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan secara individu saja, sehingga hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan membuat siswa yang mengalami kesulitan belajar menjadi tertinggal dalam memahami materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan kemampuan kognitif siswa yang mengalami kesulitan belajar menjadi rendah. Melalui kelompok sebaya anak-anak tersebut akan termotivasi untuk belajar sehingga mereka dapat memecahkan kesulitan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap kemampuan kognitif siswa berkesulitan belajar pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan thitung (4.540 ) > ttabel (2.086) maka dapat diambil keputusan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa teman sebaya berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa berkesulitan belajar.

Kata Kunci : teman sebaya, kemampuan kognitif siswa berkesulitan belajar, pembelajaran IPS 

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono.2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2006. KTSP. Jember : Depdiknas Jember

Elizabeth B Hurlock. 2001. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati,Ira dkk. 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Madura : UTM

Irham, Muhammad dan Novan ardi wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Koswara, Deded. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Jakarta:PT Luxima Metro Media.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Ormrod, Jeanne Ellis. Jilid 1. Edisi Keenam. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Patmonodewo, Soemiarti. 2008. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramansyah, Wanda. 2012. Strategi Pembelajaran. Madura: UTM Press

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Siregar, Sofyan. Edisi Pertama. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta : Kencana

Slamet, Santoso. 1999. Dinamika Kelompok. Jakarta : Bumi Aksara.

Slavin, E Robert. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Surya, H.M dkk. 2008. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Suryosubroto, B. 2010. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, IG.A.K., dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

ONLINE

www.m-edukasi.com//tujuanpendidikan// (diakses pada tanggal 18 Agustus 2015 pukul 09.00 WIB)

www.wikipedia.com//pengertiansosiologipendidikan// (diakses pada tanggal 16 Agustus pukul 18.30 WIB)

Published

2018-01-07

Issue

Section

Artikel