IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD

Authors

  • Rizka Nur Oktaviani STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11095

Abstract

Dalam pembelajaran abad 21 ini, mahasiswa tidak lagi berpusat pada kemapuan kognitif saja, melainkan yang dibutuhkan keterampilan personal dan sosial. Keterampilan 4C perlu ditingkatkan dan harus dikuasai setiap peserta didik. Keterampilan kolaborasi dan komunikasi sebagai keterampilan dasar yang harus dikuasai pada siswa khususnya sekolah dasar. Hal ini pun juga berlaku bagi mahasiswa PGSD STKIP Bina Insan Mandiri perlu ditingkatkannya komunikasi dan kolaborasi agar nantinya mampu terbiasa untuk bersosialisai dan siap untuk bekerjasama dengan yang lain dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan komunikasi juga perlu ditingkatkan agar mahasiswa dapat menyampaikan ide/gagasan secara tepat dan cepat sesuai degan ejaan bahasa indonesia (EBI). Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan komunikasi dan kolaborasi setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning berbasis lesson study. Metode yan digunakan dalam penelitian ini adalaj deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa semester 5 berjumlah 18 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata  keterampilan komunikasi pada siklus 1 yaitu 84% dengan kategori baik sedangkan pada siklus 2 yaitu 91% dengan kategori sangat baik hal ini mengalami peningkatan sebasar 7%. Sementara itu, rata-rata hasil keterampilan kolaborasi mahasiswa pada siklus 1 yaitu 77,5% dengan kategori baik sedangkan pada siklus 2 yaitu 87% dengan kategori sangat baik  mengalami peningkatan sebasar 9,5%. Dengan mengimplementasikan  model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan keteramplan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa.

Author Biography

Rizka Nur Oktaviani, STKIP Bina Insan Mandiri

Prodi PGSD

References

Djaali & Muljono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo

Dikti, 2011. Buku Pedoman Penyaluran Hibah LS untuk LPTK. www.dikti.go.id/files/ [4 April 2012]

Istiqomayanti Y. (2015). Penerapan Strategi Inkuisi dan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Prose Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Berbasis PTK-LS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015: Universitas Negeri Malang

Melati, H.A, Junanto T, dan Lestari, I. Muhammad, A. (2011). Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran English For Chemistry 1. Prosiding Seminar Nasio.nal 4

Muhammad, A. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurastuti. dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dan Hasil Belajar Melalu Discovery Learning Dipau Dengan Thingk-Pair-Share (TPS) Melalui Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi IPA dan Pembelajaran Ke-4: Universitas Negeri Malang

Prasutri. Dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Literasi digital dan keteramilan kolaboratif siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi IPA dan Pembelajaran Ke-4: Universitas Negeri Malang

Priyambudi, dkk (2021). Implementasi Model Discovery Learning Menggunakan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kolaborasi Program Studi S1 Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang diakses tanggal 9 November 2021

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2022-08-20

Issue

Section

Artikel