PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV UPT SPF SD RAPPOKALLING 67/1

Haslinda Haslinda, Syekhadiwijaya latief, Rubianto Rubianto

Sari

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penguasaan kosakata berbantuan media kartu kata terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa Kelas IV UPT SPF SD Rappokalling 67/1. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen., dengan menggunakan desain “One-Group Pretest-Posttes Desing”. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV UPT SPF SD Rappokalling 67/1. Sampel pada penelitian ini adalah 10 orang siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes (dengan menggunakan pretest dan posttest, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Observasi, tes dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil belajar bahasa Indonesia Setelah diterapkan media kartu kata hasil belajar siswa menjadi tinggi, dengan pencapaian nilai rata-rata di atas KKM yakni mulai dari nilai 80, 85, 90 sampai skor tertinggi 95. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh tHitung= 9,7 dan tTabel = 2.26 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 9,7>2.26. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata sangat bagus digunakan guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa penerapan media kartu kata sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi, hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar sisiwa kelas IV UPT SPF SD Rappokalling 67/1. 

 

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Penguasaan Kosakata, Media Kartu Kata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Dari Buku

Abdul Chaer. (2011). Tata Bahasa praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Creswell, John W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman, (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Djiwandono, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Faisal, dkk. (2009). Kajian Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Khaer, Abdul. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: DIVA press.

Nurjamal, Daeng dan Warta Sumirat. (2010). Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung: Alfa Beta.

Rosdiana, Yusi dkk. (2008). Bahasa dan sastra Indonesia di SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Siregar, Syofian. (2015). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Rajawali Sudarsono.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, dan Ana Retnoningsih. (2009). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya.

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

Zulela. (2013). Pembelajarnan Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dari Internet

Karsila. Y. (2012). Media Pembelajaran Menggunakan Kartu. Diunduh pada tanggal 15 Maret 2014. http://yesiiiiii.blogspot.com/2012/12/media-pembelajaran-menggunakan- kartu.html.

Suparno, Yunus Muhamad. (2002). Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suparno. (2008). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2011). Jakarta: Diperbanyak oleh Sinar Grafika.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/else.v6i1.11085

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.