Nilai-Nilai Karakter Dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Budaya Alam Minangkabau di SD Negeri 14 Kota Padang

Authors

  • Mafardi . FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1042

Abstract

Mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau (BAM) adalah salah satu mata pelajaran yang bersifat elektif dalam konteks kurikulum muatan lokal tingkat SD Negeri di Kota Padang. Salah satu bentuk pembelajaran yang tepat untuk mengimplementasikan mata pelajaran Budaya Alam Minangkabau adalah melalui nilai-nilai karakter. Pendekatan nilai-nilai karakter diterapkan di kelas IV SD Negeri 14 Kota Padang pada topik “Permainan Doreâ€, nilai-nilai yang diungkapkan meliputi: (1) nilai beriman dan bertaqwa, (2) nilai kejujuran, (3) kecerdasan, (4) nilai ketangguhan, dan (5) nilai kepedulian, terbukti hasil belajar siswa pada implementasi pada topik tersebut berada pada taraf memuaskan. Selain itu, para siswa termotovasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci : Budaya Alam Minangkabau; Karakter; Nilai.

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakrata: Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaja, James. 2007. Folkloree Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Damaianti, Vismala S. 2010. Riksa Bahasa 4: Pendidikan Karakter dalam Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta.

Datuk Panghulu. Oemar. 1981. Permainan Rakyat Daerah Sumatera Barat. Depdikbud.

Endraswara, Suwardi. 2013. Folkloree Nusantara Hakikat, Bnetuk, dan Fungsi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Elly, Kama dan Ridwan. 2007. Masyarakat dan Kebudayaan. http://www.wikimu.com/News/ DisplayNews Remaja.aspx?id=5142.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Moleong, Lexy.J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasir. Kurikuluym Muatan Lokal. Jurnal Vol 10, No 1 Juni 2015

Navisah, duratun. Jurnal Kewarganegaraan Vol 4, No 2 2016

Prayitno dan Afriva Khaidir. 2011. Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: UNP Press.

Robert, Wuthnow et al.,eds. 1984. Cultural Analysis. http://www.google.co.id/search?hl=id&biw=1280&bih=578&q=B00k+Wuthnow,

Starawaji. 2012.â€Pengertian Agama Islam Menurut Berbagai pakarâ€. Teknodik (Online), (http://starawaji.Wordpress.com/2009/05/02/pengertian-pendidikan-agama-islam-menurut-berbagai-pakar/). Diakses 20 Maret 2014.

Yunus, Ahmad. 1980. Permainan Rakyat Daerah Sumatera Barat. Jakarta: Depdikbud.

Published

2017-12-08

Issue

Section

Artikel