Konsep Desain Katamaran Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Pengukuran Batimetri di Perairan Indonesia

Isi Artikel Utama

rizky chandra ariesta
miskli iska nanda

Abstrak

Perkembangan Unmanned Surface Vehicle (USV) di perairan Indonesia mulai berkembang dan didominasi untuk keperluan militer sebagai pengawasan wilayah perairannya. Penggunaan USV juga digunakan untuk keperluan sipil untuk survey hidrografi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat konsep desain USV katamaran yang memiliki stabilitas lebih baik untuk keperluan survey. Pertimbangan stabilitas diperhitungkan untuk memperoleh kapal yang stabil guna menghindari pengaruh angin dan arus saat melakukan survey. Kapal ini menggunakan bahan HDPE, dengan panjang (L) kapal 1.00 meter; lebar (B) 0.9 meter; tinggi (H) 0.44 meter dan koefisien blok (Cb) 0.38 kapal ini memiliki stabilitas yang baik pada kondisi pembebanannya. Kapal ini memiliki berat lambung dan komponen sebesar 46 kg dan mampu beroperasi dengan kecepatan 7 knot. Dengan dimensi dan kecepatan diatas kapal ini dapat digunakan sebagai alat pendukung keperluan survey batimetri di perairan Indonesia.

Rincian Artikel

Referensi

  1. E. D. Sugita and W. D. Aryawan, Pembuatan purwarupa tes model untuk menguji sistem autopilot pada unmanned surface vehicle (USV), Surabaya: ITS, 2017.
  2. ,. N. Perbani, "Pembangunan Sistem Penentuan Posisi dan Navigasi Berbasiskan Sistem Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Survei Batimetri," Jurnal Itenas Rekayasa, vol. I, no. 18, 2014.
  3. P. Duranti and A. Romano, "Autonomous Unmanned Surface Vessels for Hydrographic Measurement and Environmental Monitoring.," in Hydrographic Technologies, Rome, Italy, 2012.
  4. M. H. Khoirudin and W. D. Aryawan, "Capstone Design Kapal Tanpa Awak sebagai Media Survei Tingkat Kualitas Air di Suatu Perairan," JURNAL TEKNIK ITS , vol. 8, no. 1, pp. G13-G18, 2019.
  5. Z. B. AZMAR and N. M. R. R. C. PERBANI, "Studi Awal Desain Hull USV (Unmanned Surface Vehicle) untuk Pengukuran Batimetri di Perairan Tenang," Reka Geomatika, vol. 1, pp. 42-51, 2016.
  6. oceanalpha, "https://www.oceanalpha.com/," oceanalpha, 9 Desember 2019. [Online]. Available: https://www.oceanalpha.com/product-item/me120/. [Accessed 9 Desember 2019].
  7. E. Djunarsjah and Poerbandono, Survey Hidrografi, Bandung: Refika Aditama, 2005.
  8. D. Hardianto and W. D. Aryawan, "Pembuatan Konsep Desain Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Monitoring Wilayah Perairan Indonesia," JURNAL TEKNIK ITS, vol. 6, no. 2, pp. G65 - G71, 2017.
  9. A. Nazarov, "Power Catamarans: Design for Perfomance," in Chesapeake Power Boat Symposium, Thailand, 2010.
  10. T. M. and C. Agency, nternational Code of Safety for High-Speed Craft, London: TSO, 2000.