Pengetahuan Mahasiswa Calon Guru pada Pembagian Pecahan

Firman Pangaribuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa calon guru pada pembagian pecahan, dan perubahan pemahamannya pada pembagian pecahan dengan memperkenalkan pemahaman multiplikatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Matematikan FKIP UHN angkatan 2012 sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif disertai eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa pada pembagian pecahan, pengajuan soal cerita yang menyangkut pembagian pecahan, penyelesaian soal cerita yang menyangkut pembagian pecahan sesudah diperkenalkan pemahaman multiplikatif pada pembagian pecahan dengan menggunakan diagram skematik Vergnaud.

Keywords

pembagian pecahan, pengetahuan guru, diagram skematik Vergnaud

References

Bulgar, S. (2009). “A Longitudinal Study of Students’ Representations for Division of Fraction”. The Montana Mathematics Enthusiast, Vol 6, Nos. 1 & 2. pp. 165-200.

Cramer, K., Monson, D., Whitney, S., Leavitt, S., dan Wyberg, T. (2010). Dividing Fraction and Problem Solving: See how a class of sixth graders used concrete and pictorial models to build meaning for arithmetic operations with fractions. Mathematics Teaching in the Middle School. Vol 15 No.6. NCTM.

Downton, A. (2013). “Making Connections between Multiplication and Division”. Proceeding of the 36th annual conferency of the Mathematics Education Research Group of the Australasia. Melbourne VIC: MERGA. pp.242-249.

Kribs-Zaleta, C. (2006). “Invented Strategies fo Division of Fraction”. Proceedings of the 28th Annual Meeting of North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Merida, Mexico: Universidad Pedadodica Nacional.

Ma, L. (1999). Knowing and Teaching Elementary Mathematics: Teacher’ Understanding of Fundamental in China and the United States. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Orrill, C. H. dan Jacobson, E. D. (2010). “Teachers’ Emerging Understanding of Fractions Division as Proportional Reasoning in Professional Development”. American Educational Research Association, San Diego.

Pangaribuan, Firman. (2015). Profil abstraksi siswa yang bergaya kognitif reflektif dan siswa yang bergaya kognitif impulsif dalam pembagian pecahan. Disertasi Pascasarjana UNESA.

Rizvi, N.F.dan Lawson, M.J. (2007). “Prospective Teacher’s Knowledge: Concept of Division”. International Educational Journal, Vol.8 No.2, pp.377-392.

Sharp, J., dan Adams, B. (2002). “Children's constructions of knowledge for fraction division after solving realistic problems”. The Journal of Educational Research, Vol. 95 pp. 333-347.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2010). Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press.

Zembat, Ismail Ozgur. (2004). Conceptual Development of Prospective Elementary Teachers: The Case of Division of Fractions. Disertasi: Pennsylvania State University.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v1i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.