Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Sorong

Muhamad Ruslan Layn (1), Arie Anang Setyo (2)
(1) UNIVERSITAS MUHAMAMDIYAH SORONG, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran model make a match terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan desain pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf sig.(2-tailed) < 0.05. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0.00 < 0.05. Kesimpulannya adalah ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Kota Sorong.

Full text article

Generated from XML file

References

Anggraeni, A. A. A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.

Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan model kooperatif teknik make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan buatan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 361-370.

Deschuri, C. (2016). Penerapan model kooperatif teknik make a match dengan media kartu klop untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan buatan (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.

Heldaenni. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD negeri 025 Teluk Binjai Dumai Timur. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(3), 405-409.

Kompri. (2016). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Layn, M. R. (2020). The effectiveness of the learning model assure kekongruenan and kesebangunan material on student learning outcomes of SMP Negeri 5 Kota Sorong. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 36-48.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran (studi kasus MTs negeri Tungkob Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Lantanida Journal, 4(2), 87-97.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Authors

Muhamad Ruslan Layn
ruslanlayn56@gmail.com (Primary Contact)
Arie Anang Setyo
Layn, M. R., & Setyo, A. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Sorong. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 162–170. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.7587

Article Details