Analisis Pengaruh Kebijakan Zonasi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Regresi Linear

Dharma Bagus Pratama Putra (1), Anita Andriani (2)
(1) Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia,
(2) Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kebijakan zonasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN di kecamatan Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang terdiri dari 50 pertanyaan, 30 tentang persepsi zonasi, dan 20 lainnya tentang motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linear dengan variabel bebas adalah pemahaman zonasi sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi dan prestasi belajar. Hasil analisis data didapatkan bahwa variabel zonasi hanya memberikan pengaruh sebanyak 3.39% terhadap motivasi belajar dan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 3.99%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Uji korelasi antara variabel zonasi dan motivasi menghasilkan ð‘−value=0.102 yang berarti lebih besar daripada ð›¼ð›¼=0.05. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa zonasi tidak memperikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Demikian juga uji korelasi antara variabel zonasi dan prestasi belajar didapatkan ð‘−value=0.5776 yang lebih besar daripada ð›¼ð›¼=0.05 sehingga variabel zonasi tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada variabel prestasi belajar siswa.

Full text article

Generated from XML file

References

Andriani, A. (2017). Pemanfaatan software R untuk analisis regresi linear. Inovate: Jurnal Ilmiah Inovasi Teknologi Informasi, 2(2).

Kemdikbud. (2018). Permendikbud nomor 51 tahun 2018 tentang sistem penerimaan peserta didik baru. Retrieved September 5, 2020, from JDIH Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/PERMENDIKBUD%20NOMOR%2051%20TAHUN%202018.pdf

Makmun, A. S. (2009). Psikologi kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, D. B. P., Lazulfa, I., & Mufarrihah, I. (2018a). Identifikasi kesalahan mahasiswa teknik informatika dalam menyelesaikan soal statistika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 153-151. http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i2.1876

Putra, D. B. P., Lazulfa, I., & Mufarrihah, I. (2018b). Pengembangan modul berbasis kompetensi pada mata kuliah statistika mahasiswa jurusan teknik informatika Universitas Hasyim Asy’ari. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 57-63.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta Soemanto, W. (2006). Psikologi pendidikan: landasan kerja pemimpin pendidikan (cetakan ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.

TIM. (2018). Semua bisa sekolah! zonasi untuk pemerataan yang berkualitas. Retrieved September 5, 2020, from Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia: https://kominfo.go.id/content/detail/13689/semua-bisa-sekolah-zonasi-untuk-pemerataan-yang-berkualitas/0/artikel_gpr

Winkel. (1984). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.

Wulandari, D. (2018). Pengaruh penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Labuhan Ratu Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. [Skripsi] Lampung: Universitas Lampung.

Authors

Dharma Bagus Pratama Putra
dharmabaguspp@gmail.com (Primary Contact)
Anita Andriani
Putra, D. B. P., & Andriani, A. (2020). Analisis Pengaruh Kebijakan Zonasi terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dengan Regresi Linear. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 197–205. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6009

Article Details