Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Kelas V SD Berbasis Etnomatematika

Rismawati Rismawati, Huri Suhendri, Ihwan Zulkarnain

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran matematika kelas V SD berbasis etnomatematika. Penelitian dilakukan pada SD dan MI di wilayah Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Develompment atau R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: pertama tahap analysis yaitu menentukan potensi, masalah, dan solusi yang tepat serta menentukan kompetensi peserta didik melalui analisis kebutuhan; kedua tahap design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, strategi pembelajaran, tingkah interaksi, dan prosedur evaluasi; ketiga tahap development yaitu melakukan pembuatan media pembelajaran berdasarkan indikator etnomatematika; keempat tahap implementation yaitu dengan menerapkan desain pembelajaran yang dikembangkan pada kondisi yang sebenarnya; dan kelima tahap evaluation yaitu melakukan penilaian produk oleh pakar atau ahli (pengembangan, media, dan materi) dan pengguna (guru dan peserta didik). Hasil dari penelitian ini adalah desain pembelajaran matematika berupa modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika bagi peserta didik kelas V SD/MI. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, maka saran atau rekomendasinya adalah guru dapat menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Keywords

desain pembelajaran matematika; etnomatematika; pengembangan model ADDIE.

References

Afandi, M., dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Development of Instructional Materials Based on Ethnomathematic in Mathematics Learning in Junior High School. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133-150.

Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keektifannya terhadap Sikap Peserta didik pada Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90-98.

Nasaruddin. (2013). Karakteristik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.

Nusantara, T., & Rahardjo, S. (2017). Ethnomathematics In Arfak (West Papua-Indonesia): Numeracy of Arfak. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(9), 325-327.

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.

Rahmawati, E., & Suhendri, H. (2016). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas 6. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 184-196.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendri, H. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.

Suhendri, H., & Ningsih, R. (2018). Peranan Ketahanmalangan dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 31-40.

Sumianto. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (MPR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Al-Azim SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu, Journal of Elementary Education, 2(1), 49-56.

Trisiana, A., & Wartoyo. (2016). Desain Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui ADDIE Model untuk Meningkatkan Karakter Mahasiswa di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. PKn Progresif, 11(1), 312-330.

Vasquez, E. L. (2017). Ethnomathematics as An Epistemological Booster for Investigating Culture and Pedagogical Experience with The Young Offender or Prison School Communities. Journal of Educationand Human Development, 6(2), 117-127

Wijanarko, A. (2017). Pengembangan Media Apatar Satu pada Materi Satuan Waktu Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Universitas PGRI Yogyakarta

Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Games Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 pada Materi Pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science & Technology, 2(2), 165-177.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IBM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal DEDIKASI, 13(1), 39-49.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.