Penggunaan Metode Stepwise pada Pemodelan Perencanaan Track Quality Index (TQI) untuk Kereta Api Semicepat Indonesia

Alfisyahrina Hapsery (1), Reysha Rizki Amanda Lubis (2)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(2) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Indonesia

Abstract

Dalam analisis regresi, salah satu asumsi yang harus dipenuhi adalah tidak adanya hubungan antar variabel independen. Hubungan yang kuat antar variabel independen disebut dengan multikolinieritas. Berbagai metode dapat menanggulangi kasus multikolinieritas, semua itu bergantung pada tujuan dari penelitian. Beberapa metode tersebut adalah ridge regression, principal component regression, regresi robust dan pemilihan model terbaik. Pada penelitian ini, metode pemilihan model terbaik dipilih untuk digunakan karena bertujuan untuk menentukan variabel independen yang signifikan dengan mempertimbangkan korelasi parsial pada data track quality index (TQI) kereta api Indonesia. Untuk mengukur besarnya TQI diperlukan empat indikator yang kemudian menjadi variabel dalam penelitian ini, yaitu lebar jalur, angkatan, listringan dan pertinggian. Hasil analisis menunjukkan variabel pertinggian, angkatan dan listringan berpengaruh besarnya nilai TQI dengan variasi data yang dapat dijelaskan model sebesar 99,7%.

Full text article

Generated from XML file

References

Alamsyah, A. A. (2003). Rekayasa Jalan Rel. Malang: Bayumedia.

Draper, N. R., & Smith, H. (2014). Applied regression analysis. John Wiley & Sons.

Eesveld, C. (1989), Modern Railway Track. Delft: Graphics Department of Thyssen Stahl AG.

Gujarati, D.N. (2004). Basic Econometrics(4th ed). United Stated of America: The McGraw-Hill Companies.

Ilmi, N. H., & Parta, I. N. (2013). Penerapan metode Regresi new Stepwise untuk Mengetahui Faktor- faktor yang mempengaruhi Kekuatan Metallic Box. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kurniawan, W., & Rulhendri, (2015). Tinjauan Volume Pemeliharaan Tahunan Jalan Rel Berdasarkan Hasil Track Quality Index (TQI). Jurnal Rekayasa Sipil, 4(2), 1-17.

PT. KAI. (2017). Peraturan Dinas Nomor 10A Tentang Perawatan Jalan Rel Dengan Lebar 1067 mm, PT. KAI: Bandung.

Wohon, S. C., Hatidja, D., & Nainggolan, N., (2017). Penentuan Model Regresi Terbaik dengan Menggunakan Metode Stepwise. Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 80-88.

Authors

Alfisyahrina Hapsery
syahrina.hapsery@gmail.com (Primary Contact)
Reysha Rizki Amanda Lubis
Author Biography

Alfisyahrina Hapsery, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Departemen Statistika
Hapsery, A., & Lubis, R. R. A. (2019). Penggunaan Metode Stepwise pada Pemodelan Perencanaan Track Quality Index (TQI) untuk Kereta Api Semicepat Indonesia. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 114–122. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2921

Article Details