Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya

Nur Birillina (1), Sri Hartatik (2)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Together mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Sintaks model pembelajaran Numbered Head Together yaitu: (1) fase 1 penomoran; (2) fase 2 mengajukan pertanyaan; (3) fase 3 berpikir bersama; (4) fase 4 menjawab. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen jenis pre-exprerimental desaign, bentuk desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas 3 yang hasnya 1 kelas dengan jumlah 21 orang. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.Hasil kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Selanjutnya, hasil belajar siswa menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah khususnya materi operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Full text article

Generated from XML file

References

Al-Tabany, T. I. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI). Jakarta: Prenada media Group.

Anas, S. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Lemma, 3(2), 1-10.

Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.

Koyumah, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Numbered Head Together Berbantu Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal e-DuMath, 2(2), 210-217.

Noor, A. J., & Megawati. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45-52.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, 5(2), 148-158.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

SY, N., Corebima, A. D., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1993-1998.

Authors

Nur Birillina
lina.sd15@student.unusa.ac.id (Primary Contact)
Sri Hartatik
Birillina, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian di Kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 217–229. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.2914

Article Details