Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNITOMO terhadap Indeks Prestasi (IP) Ditinjau dari Asal Daerah

Edy Widayat, Ardianik Ardianik, Suharti Kadar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan kemampuan awal matematika, perbedaan motivasi belajar, perbedaan indek prestasi (IP) mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, serta menguji pengaruh kemampuan awal matematika, motivasi belajar dan asal daerah terhadap indek prestasi mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi, metode tes, angket identitas diri, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan kemampuan awal mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 2) Ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 3) Ada perbedaan indeks prestasi mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,009 < = 0,05; 4) Ada pengaruh kemampuan awal, motivasi belajar, dan asal daerah terhadap indek prestasi pada mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05.

Keywords

asal daerah; indeks prestasi; kemampuan awal; motivasi belajar

References

Andriani, P. (2010). Pengaruh Asal Sekolah dan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Jurnal Beta, 3(2), 118-133.

Ardianik & Kadar, S. (2019). Tingkat Kemampuan Awal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Angkatan 2016/2017 FKIP Universitas Dr. Soetomo Ditinjau dari Asal Daerah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2019 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. ISBN: 978-602-5793-44-8, 887-895.

Atmaja, P. P. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Djamarah S.B. (2011). Psikologi Belajar, Edisi ketiga, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Firdha, R. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren Immim Putri Minasatene. Jurnal Mosharafa, 6(1), 117-128.

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76-84.

Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155-167.

Sabrina, R., dkk. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108-118.

Sardiman A. M. (2012). Interaksi Dan MotivasI Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan, Research and Development, Cetakan ketiga, Penerbit: Alfabeta Bandung.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tukina. (2014). Proses Adaptasi Mahasiswa Binus University Asal Daerah. Jurnal Humaniora, 5(1), 425-434.

Winkel. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.