Hubungan antara Daerah Ideal Utama, Daerah Faktorisasi Tunggal dan Gelanggang Noetherian

Eka Susilowati (1)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Setiap daerah ideal utama merupakan daerah faktorisasi tunggal, namun tidak berlaku sebaliknya. Ketidakberlakuan hubungan sebaliknya dari daerah faktorisasi tunggal dan daerah ideal utama dapat ditunjukkan dengan adanya contoh penyangkal. Hubungan ekuivalensi antara daerah ideal utama dan daerah faktorisasi tunggal dapat berlaku jika diberikan syarat cukup pada daerah faktorisasi tunggal. Syarat cukup yang diberikan pada daerah faktorisasi tunggal adalah daerah tersebut merupakan daerah Dedekind. Sedangkan ada juga hubungan antara daerah ideal utama dengan gelanggang Noetherian. Namun, hubungan antara daerah ideal utama dengan gelanggang Noetherian bukan hubungan ekuivalensi. Dalam artikel ini, juga dibahas hubungan daerah faktorisasi tunggal dengan gelanggang Noetherian. Hubungan antara daerah faktorisasi tunggal dan gelanggang Noetherian ini juga tidak berlaku hubungan ekuivalensi.

Full text article

Generated from XML file

References

Bosman, J. (2011). Algebraic Number Theory. Bounyer.

Chow, S. (2011). Thesis: An Introduction ri Algebraic Number Theory, and the Class Number Formula. Melbourne, Australia: University of Melbourne.

Hungerford, T. W. (1996). Abstract Algebra: An Introduction. Saunders College Publishing.

Milne, J. S. (2009). Algebraic Number Theory. New Zealand.

Osserman, B. (2011). Algebraic Number Theory. Bouyer.

Stein, W. (2012). Algebraic Number Theory, A Computational Approach. William Stein.

Authors

Eka Susilowati
eka_s@unipasby.ac.id (Primary Contact)
Author Biography

Eka Susilowati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Mathematics Education Departement
Susilowati, E. (2019). Hubungan antara Daerah Ideal Utama, Daerah Faktorisasi Tunggal dan Gelanggang Noetherian. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2319

Article Details