Keefektifan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya

Via Yustitia (1), Triman Juniarso (2)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap High Order Thinking Skills Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep Matematika Lanjut. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Adi Buana Surabaya angkatan 2017. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas 2017 A sebagai kelas eksperimen dan kelas 2017 B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar (uji t dan uji proporsi) dan uji kesamaan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji kesamaan rata-ratamenunjukkan bahwa rata-rata HOTS mahasiswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BBL efektif terhadap HOTS mahasiswa PGSD pada mata kuliah Konsep Matematika Lanjut.

Full text article

Generated from XML file

References

Alpusari, M. (2014). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Journal Primary PGSD FKIP Universitas Riau, 3(1), 23-31.

Awolola, S. A. (2011). Cypriot Journal of Educational Science: Effectif brain based learning strategy on student’s achievement in senior secondary school mathematics in Oyo State, Nigeria. Pdf. (Online), (www.world-education-center.org/index.php/cjes). Diakses 25 Oktober 2012.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Bowen, C. H. (2011). Resolving the Conflict: Brain-Based Learning, Best Practices, and No Child Left Behind Resolving the Conflict: Brain-Based Learning, Best Practices, and No Child Left Behind. Perspectives in Learning: A Journal of the College of Education & Health Professions Columbus State University, 12(1).

Danisa. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi berbasis Brain Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi UNS.

Given, B. K. (2007). Brain-based Teaching. (L. H. Dharma, Penerj.) Bandung: Kaifa.

Heong, Y. M., Othman, W. D., Md Yunos, J., Kiong, T. T., Hassan, R., & Mohamad, M. M. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 1(2), 121-125.

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

King, JF; Goodson, Ludwika, dan Rohani, Faranak. 2010. Higher Order Thinking Skills, Definition, Teaching Strategis, Assesment. A Publication of The Educational Services Program. Tersedia di www.Cala.fsu.edu

Napitupulu, E. L. (2012). Prestasi Sains dan Matematika IndonesiaMenurun. Diperoleh 6 Januari 2013, dari:http://kompas.com.

Nurfuadah, R. N. (2013). Miris, Indeks Kepintaran Anak Indonesia Jeblok!. Diperoleh 6 Januari 2013, dari: http://okezone.com.

Ozden, M. & Gultekin, M. (2008). The effects of BBL on academic achievements and retention of knowladge in science course. EJSE, 12(1).

Saparina, R. (2015). Pengaruh Model Brain Based Learning (Bbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Journal Bio Pedagogi, 4(1), 59-65.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, A. (2004). Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES.

Tiurlina. (2007). Pemahaman Konsep Dasar Matematika SD pada Mahasiswa D2 PGSD UPI Kampus Serang. Journal Pendidikan Dasar, 5(7), 1-4.

Trianto. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Tüfekçi, S., Demirel, M. (2009). The Effect of Brain Based Learning on Achievement, Retention, Attitude and Learning Process. Procedia Social and Behavioral Sciences. 1(1), 1782-1791.

Wardana, N. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Pemahaman Konsep Fisika. Diperoleh 28 Januari 2014 dari http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/621016251635.858-4543.pdf.

Authors

Via Yustitia
via.yustitia@unipasby.ac.id (Primary Contact)
Triman Juniarso
Yustitia, V., & Juniarso, T. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa PGSD UNIPA Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 240–248. https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2284

Article Details