Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Teknik Informatika dalam Menyelesaikan Soal Statistika

Dharma Bagus Pratama Putra, Indana Lazulfa, Iftitaahul Mufaarihah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal statistika. Penelitian dilakukan di Universitas Hasyim Asy’ari dengan subyek penelitian mahasiswa teknik informatika yang berjumlah 18 orang. Jenis kesalahan pada penelitian ini dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kesalahan konsep, kesalahan strategi dan kesalahan hitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Intrumen pengumpulan data adalah soal tes yang terdiri dari 6 soal dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian adalah mahasiswa melakukan 37 kasus kesalahan. Kesalahan konsep terjadi sebanyak 27,03% dari total kesalahan. Kesalahan strategi sebanyak 21,62% dan paling banyak adalah kesalahan hitung sebesar 51,35%. Faktor penyebab kesalahan mahasiswa bermacam-macam antara lain: kurang paham dengan konsep maupun rumus, kesulitan dalam memahami sintaks atau langkah-langkah pengerjaan, terburu-buru dan kesulitan dalam memperkirakan nilai akar kuadrat.

Keywords

identifikasi kesalahan, penyelesaian soal, soal statistika

References

Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arigiyanti, T. (2017). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pengantar Probabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1, 1311-1374.

Kastolan, e. a. (1992). Identifikasi Jenis-jenis Kesalahan Menyelsaikan Soal-soal Matematika yang DIlakukan Peserta DIdik Kelas 2 Program A1 SMA Negeri Se-Kotamdya Malang. Malang: IKIP Malang.

Krismanto, A. (2006). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP, Bahan Pelatihan Diklat Jenjang Lanjut. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukirman. (2013). Identifikasi Kesalahan-Kesalahan yang Diperbuat Siswa Kelas 3 SMP pada Setiap Aspek Penguasaan Bahan Pelajaran Matematika. Dalam Wardoyo, Analisis Kesalahan Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Cukup Tengah Dalam Menyelesaikan Masalah Divergen Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Peubah (hal. 8-9). Bengkulu: Universitas Bengkulu.

TIM Penyusun. (2017). Potret Pendidikan Indonesia : Statistika Pendidikan 2017. Jakarta: Badan Pusat Statistika.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v3i2.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.