Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup

Suesthi Rahayuningsih (1)
(1) Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa perempuan dalam menyelesaikan masalah grup. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Majapahit, Mojokerto. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa Program Studi pendidikan matematika, yaitu mahasiswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Wawancara tersebut mengungkap pemahaman konsep berdasarkan indikator: Menjelaskan atau menyatakan ulang konsep dan menggunakan konsep grup dalam menyelesaikan masalah grup.  Data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dan tes masalah matematika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman konsep subjek, pada komponen menjelaskan atau menyatakan ulang konsep oparasi biner , sifat elemen identitas, sifat setiap elemen dan grup  memiliki invers terjadi miskonsepsi, subjek kurang tepat dalam menyatakannya. Pada konsep sifat tertutup dan sifat assosiatif, subjek dapat menjelaskan dengan tepat. Pada komponen memberi contoh dan bukan contoh. subjek belum mampu membedakan mana merupakan operasi biner dan mana bukan demikian juga himpunan yang mempunyai elemen identitas dan  himpunan yang setiap elemennya mempunyai invers. Subjek mampu membedakan mana yang merupakan  operasi biner yang bersifat assosiatif dan mana yang tidak bersifat assosiatif.. Demikian juga dalam memberi contoh grup, tetapi hanya dengan operasi biner penjumlahan dan perkalian serta bukan contoh. Pada komponen menggunakan konsep grup dalam menyelesaikan masalah grup. Subjek menunjukkan G diberikan operasi perkalian adalah grup, dengan menunjukkan sifat tertutup, sifat assosiatif, memiliki elemen identitas dan memiliki invers setiap elemen.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdurahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amir, A. 2015. Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, Vol. 3, No. 01

Darminto, Bambang P. 2009. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan Sikap Mahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.

Dewiyani. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Langkah Polya. Stikom Jurnal. Vol.12. No 2.

Farida, Nurul .2015. Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Pendidikan Matematika Fkip Universitas Muhammadiyah Metro.

Gusniwati, Mira. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Dalam Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jakarta.

Hudoyo, 2001. Common Textbook Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurdikmat Universitas Negeri Malang.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). 2001. Adding it Up: Helping Children

Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Listiawati E, 2015. Mahasiswa Calon Guru Pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, Vol. 1, No. 2, Juni 2015, 76-87.

Maulida, F,O, Mardiyana&Pramudya, I.2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materipersamaan Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ips 4 Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.I No.4.

Mubeen, S., Saeed, S., & Arif, M.H. 2013. Attitiude towards mathematics and achademic achievement in mathematics among secondary level boys and girls. IOSR Journal of Humanities and Social Sciences, 6(4), 38-41.

Nana Sudjana. 1989. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. 2000. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Rofiqoh, Zeni. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Van De Walle, John. A. 2008. Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta : Erlangga.

Wafiyah, N. 2012. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Faktor-faktor Penyebab pada Materi Permutasi dan Kombinasi di SMA Negeri 1 Manyar. Gamatika, Vol. II No. 2.

Authors

Suesthi Rahayuningsih
esthiachmad@gmail.com (Primary Contact)
Rahayuningsih, S. (2018). Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 70–81. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1629

Article Details