Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar

Muhalizah Muhalizah (1)
(1) IAIN TULUNGAGUNG

Abstract

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dipelajari dan diajarkan pada jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai setiap siswa untuk dibekali dengan kemampuan berfikir logis, analisis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama (Depdiknas, 2006: 153). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya pengaruh Metode PembelajaranImprove terhadap kreatifitas kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar bagi siswa kelas VII A Mts Syekh Subakir 01 Nglegok Blitar. Metode pembelajaran IMPROVE merupakan akronim dari Introducing, the new concept, Matacognitive questioning, Practicing, Reviewing and reducing difficulties, Obtaining mastery, Verification, dan Enrichment. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII A Mts Syekh Subakir 01 Nglegok Blitar. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Cluster Random Sampling dengan banyak siswa 32 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian ini adalah True-Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Derign. Rata-rata hasil test kratifitas kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol sebesar 80,03 dengan standar deviasi 10,918kelas ekperimen sebesar 86,25 dengan standar deviasi 6,951. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 79,44 dengan standar deviasi 10,531 dan kelas ekperimen sebesar 87,91 dengan standar deviasi 7,498. Nilai signifikansi model pembelajaran Metode Improve, x, terhadap kratifitas kemampuan komunikasi matematis ( ) sebesar 0,009 < 0,05. Hal ini berarti model pembelajaran Metode Improve, x, berpengaruh terhadap kreatifitas kemampuan komunikasi matematis ( ). Dapat disimpulkan bahwa kreatifitas kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol lebih baik dari kratifitas kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen. Adapun nilai signifikansi model pembelajaran Metode Improve, x, terhadap hasil belajar siswa ( ) sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti model pembelajaran Metode Improve, x, berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ( ). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari  hasil belajar  siswa kelas kontrol.

Full text article

Generated from XML file

References

Amelia, Risma. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Swasta di Kota Cimahi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran IMPROVE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Volume 2 tahun 2014. Diakses melalui: http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/12/Prosiding-SemnasSTKIP2014.pdf pada tanggal 11 Agustus 2015 pukul 06.22 WIB.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Diakses melalui: http://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-n0-22-tahun-2006-standar isi.pdfpada tanggal 24 Oktober 2015 pukul 14.56 WIB.

Fariski, Mukhammad. 2012. Efektifitas metode pembelajaran IMPROVE dengan bantuan alatPeraga miniatur tandon air terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika semester genap kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Diakses melalui: http://eprints.walisongo.ac.id/397/ pada tanggal 20 Januari 2016 pukul 05.30 WIB.

Fitri, Rahma. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. FMIPA jurusan matematika UNP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 (2014). Diakses melalui:http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/12148 pada tanggal Januari 2016 pukul 19.12 WIB.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Malang: Pustaka Pelajar.

Megasari, Yunita. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran IMPROVE dengan Penggunaan Kepala Bernomor terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI APK 1 SMK Pemuda Papar Tahun Ajaran 2015/2016 pada Pokok Bahasan Matriks. FKIP Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri. Disakses melalui: http://simki.unpkediri.ac.id/ pada tanggal 11 Maret 2016 pukul 7.41 WIB.

Muhsetyo, Gatot dkk. 2011. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nawi, M. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (Swasta) Al Ulum Medan.

Medan: Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Volume 9 No. 1. Diakses melalui: http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-23927-M%20Nawi.pdf pada tanggal 20 November 2015 pukul 18.09 WIB.

Purnamadewi, Jesyich Anjras. 2013. Keefektifan pembelajaran metode IMPROVE dengan pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII materi segiempat. Skripsi. Semarang: FMIPA jurusan Mmatematika UNNES. Diakses melalui: http://lib.unnes.ac.id/17443/1/4101409012.pdf pada tanggal 3 Januari 2016 pukul 17.09 WIB.

Retnaning dan Susanah. 2014. Penerapan Pembelajaran dengan Metode IMPROVE pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-B SMAN 1 Kauman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No. 2 Tahun 2014. Diakses melalui: http://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/mathedunesa/article/view/8719 pada tanggal 1 Februari 2016 pukul 06.59 WIB.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sembiring. R. K. 2003. Analisis Regresi. Bandung: ITB.

Setyadi, Danang. 2014. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan. Repository UKSW. Diakses melalui: http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4960 pada tanggal 21 April 2016 pukul 16.01 WIB.

Verowita, Winda. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep DalamPembelajaran Matematika. Vol. 1 No. 1(2012). Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3 : Hal. 48-51. Diakses Melalui: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/download/1177/869pada tanggal 21 Oktober 2015 Pukul 08.14 WIB.

Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.

Zemira R. Mevarech and Bracha Kramarski.1997. IMPROVE: A Multidimensional Method For Teaching Mathematics inHeterogeneous Classrooms. American Educational Research Journal. Diakses melalui http://aer.sagepub.com/content/34/2/365 pada tanggal 14 Agustus 2015 pukul 19.35 WIB.

Binti Maunah, Landasan Pendidikan, (Yogyakarta: Teras, 2009), hal. 5.

Nini Subini, Psikologi Pembelajaran, (Yogyakarta: Mentari Pustaka, 2012), hal.6.

Zainal Arifin Ahmad, Perencanaan Pembelajaran dari Design sampai Implementasi, (Yogyakarta: Pedagogia, 2012), hal. 8.

Rini Handayani, PENERAPAN METODE IMPROVE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER UNTUKMENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA, Surakarta, 2010.

Moch. Masykur Ag dan Abdul Halim Fathani,Mathematical Intelligence, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009), hal. 13.

Patmaningrum Agustin, “Penggunaan Metode Improve untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiawa pada Mata Kuliah kalkulus IIâ€,volume 4 No 1.

Sudrajat Akhmad, Media Pembelajaran Berbasis Komputer, (Jakarta: Artikel Pendidikan, 2010.

Hodiyanto, “Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematikaâ€, dalam https://media.neliti.com/.../177556-ID-kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pem, diakses pada 26 Maret 2018 pukul 09:00 WIB.

Mery Ariska, Penerapan Metode Improve untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Singkil, (Banda Aceh: Skripsi full, 2017).

Rini Handayani, Penerapan Metode Improve dengan Menggunakan Media Komputer untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa, (Surakarta: Foxit Pantom, 2010).

Sugiyono, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung : Alfabeta, 2016), hal. 126.

Authors

Muhalizah Muhalizah
muhaliza997@gmail.com (Primary Contact)
Muhalizah, M. (2018). Pengaruh Metode Improve terhadap Kreativitas Kemampuan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTS Syekh Subakir pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1613

Article Details