Peningkatan Kompetensi Guru SMA/MA di Kecamatan Bungah dalam Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Learning Management System Menuju Terbentuknya Sekolah Digital

Siti Maghfirotul Ulyah, Elly Pusporani, Toha Saifudin, Christopher Andreas, Ayuning Dwis Cahyasari

Abstract

SMA ASSA’ADAH dan MA MA’ARIF NU ASSA’ADAH merupakan sekolah-sekolah yang berlokasi di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, sekolah-sekolah tersebut memiliki permasalahan seperti belum efektifnya penggunaan fitur-fitur pada platform pembelajaran online dikarenakan keterbatasan keterampilan guru dan keterbatasan sinyal internet peserta didik dan guru. Oleh karena itu, perlu diberikan pelatihan penggunaan fitur-fitur platform pembelajaran online yang efektif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kompetensi guru sesudah dilakukan pelatihan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, yaitu dengan mengaplikasikan uji-T berpasangan pada data hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Hasil pengujian dengan uji-T berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hal ini menunjukan bahwa proses pelatihan efektif meningkatkan kompetensi peserta.

Keywords

guru; kompetensi; pembelajaran jarak jauh; pelatihan; uji-t berpasangan

References

Alias, N. A., & Zainuddin, A. M. (2005). Innovation for better teaching and learning: Adopting the learning management system. Malaysian online journal of instructional technology, 2(2), 27-40.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Johnson, R. A., & Bhattacharyya, G. K. (2019). Statistics: principles and methods. John Wiley & Sons.

Hollander, M., Wolfe, D. A., & Chicken, E. (2014). Nonparametric statistical methods (Vol. 751). John Wiley & Sons.

Gautreau, C. (2011). Motivational factors affecting the integration of a learning management system by faculty. Journal of Educators Online, 8(1), n1.

Kakasevski, G., Mihajlov, M., Arsenovski, S., & Chungurski, S. (2008, June). Evaluating usability in learning management system Moodle. In Iti 2008-30th international conference on information technology interfaces (pp. 613-618). IEEE.

Maharani, T. & Galih, B. "Mendikbud: setelah pandemi covid-19, pembelajaran jarak jauh akan permanen", diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2020/07/02/14445511/mendikbud-setelah-pandemi-covid-19-pembelajaran-jarak-jauh-akan-permanen pada 24 Februari 2021

Marhamah, S., Maiyastri, & Asdi Y. (2016). Studi prestasi mahasiswa dengan analisis statistika deskriptif (studi kasus: mahasiswa program studi matematika FMIPA Universitas Andalas tahun 2009-2011). Jurnal Matematika UNAND, 5(4), 36-44.

Sounderpandian, J., & Aczel, A. (2008). Complete business statistics, 7th edition (The Mcgraw-Hill Irwin Series). United States: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ulyah, S. M., Sediono, S., Ana, E., Sholihah, N., & Niswatin, K. (2021). Improving the competency of high school teachers in understanding and designing questions based on minimum competency assessment in Babat Lamongan district. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 55-64.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v6i2.10667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.