Analisis Hubungan Penggunaan Media Sosial terhadap Inovasi Pengembangan Bisnis di Masa Pandemi Coronavirus Disease - 19

Syehvira Shal Shabilla, Diah Puspita Ningrum, Ayuning Dwis Cahyasari, Siti Maghfirotul Ulyah

Abstract

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan III tahun 2020 menyatakan bahwa perekonomian Indonesia mengalami resesi dengan pertumbuhan sebesar -3,49 persen. Hal ini mengartikan bahwa pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) berdampak pada kondisi ekonomi di Indonesia. Dalam laporan World Economic Forum (WEF) menunjukkan bahwa nilai terendah Indonesia terletak pada indikator kemampuan inovasi sebesar 37.7 tepatnya di peringkat ke-74. Hal ini dapat mengganggu salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi yang salah satunya bagi negara berkembang seperti Indonesia. Namun, survei Katadata Insight Center (KIC) menyatakan bahwa marketplace membantu pebisnis di masa pandemi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan media sosial terhadap inovasi pengembangan bisnis dalam membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19 yang diuji dengan analisis statistika deskriptif dan uji Wilcoxon. Analisis statistika deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran dari hasil survei terkait penggunaan sosial media dan inovasi dalam berbisnis berdasarkan nilai maksimum dan minimum. Uji Wilcoxon dilakukan untuk menganalisis perbedaan pendapatan rata – rata baik sebelum dan selama pandemi serta sebelum dan sesudah pelaku bisnis melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya di masa pandemi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapat baik sebelum dan selama pandemi maupun sebelum dan sesudah berinovasi. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan adanya keterkaitan sosial media terhadap inovasi pengembangan bisnis dapat membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19 berbasis digital yang nantinya dapat dijadikan acuan pemerintah dalam meningkatkan sektor ekonomi.

Keywords

analisis statistika deskriptif; inovasi pengembangan bisnis; media sosial; pertumbuhan ekonom; uji wilcoxon

References

Arianto, B. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 212-224.

Alfaruk, M. H. (2017). Pengaruh pemanfaatan sosial media, motivasi dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172.

Badan Pusat Statistik. (2019). Berita resmi statistik No. 89/11/Th.XXII, 5 November 2019 tentang pertumbuhan ekonomi indonesia triwulan III-2019. Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2020). Berita resmi statistik No. 85/11/Th.XXII, 5 November 2020 tentang pertumbuhan ekonomi indonesia triwulan III-2020. Jakarta: BPS.

Burhan, F. A. (2021). Survei KIC: mayoritas UMKM berdagang online di shopee dan tokopedia. URL: https://katadata.co.id/yuliawati/digital/608fc9fd30 bac/survei-kic-mayoritas-umkm-berdagang-online-di-shopee-dan-tokopedia. Diakses tanggal 30 Juni 2021.

Jatmiko, B, P. (2020). Perekonomian Indonesia pasca-pandemi covid-19. URL: https://money.kompas.com/read/2020/05/10/091500226/perekonomian-ind onesia-pasca-pandemi-covid-19?page=all. Diakses tanggal 19 November 2020.

SEA. (2020). Revitalisasi UMKM Indonesia. URL: https://cdn.sea.com/webmain/static/resource/seagroup/sea%20insights/%B2020-0706%5D%20Indonesian%20SME%20Recovery%20Report%2020 20/Indonesian%20SME%20Recovery%20Report%20%5BIDN%5D.pdf. Diakses tanggal 20 Juni 2021.

Silalahi, U., & Atif, N. F. (2015). Metode penelitian sosial kuantitatif. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Rahayu, E. S., & Laela, S. 2018. Pengaruh minat berwirausaha dan penggunaan sosial media terhadap kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 203-216.

WEF. (2019). The global competitiveness report 2019. Jenewa: WEF.

Yunus, M. (2010). Inovasi dan kreativitas dalam pemasaran. Malang: UIN Maliki Pres.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v6i2.10665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.