Blended Learning Berbasis Edmodo: Respon dan Penerapan pada Mahasiswa Pendidikan Matematika

Sari Saraswati (1), Iesyah Rodliyah (2)
(1) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Indonesia,
(2) Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning berbasis Edmodo pada mata kuliah Kalkulus Dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar angket, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi blended learning dengan platform Edmodo sebagai gabungan dari pembelajaran tatap muka dan online. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran blended learning yang diterapkan dapat membantu mahasiswa belajar materi dan latihan soal secara tuntas, mahasiswa dapat belajar secara mandiri di luar kelas, munculnya keaktifan mahasiswa dalam interaksi antara dosen dan mahasiswa. Secara umum, mahasiswa memberikan respon positif terhadap blended learning berbasis Edmodo yang diterapkan pada mata kuliah Kalkulus Dasar.

Full text article

Generated from XML file

References

Agustin, F., Oganda, F. P., Lutfiani, N., & Harahap, E. P. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Menggunakan Education Smart Courses. Technomedia Journal, 5(1), 40–53. https://doi.org/10.33050/tmj.v5i1.1315

Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560

B Boholano, H. (2017). Smart Social Networkning: 21st Century Teaching and Learning Skills. Research in Pedagogy, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

Brahim, N., Mohamed, B., Abdelwahed, N., Ahmed, L., Radouane, K., Khalid, S., & Mohammed, T. (2014). The Use of the Internet in Moroccan High Schools Mathematics Teaching: State and Perspectives. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(February 2014), 5175–5179. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1095

Chaeruman, U. (2018). Pembelajaran Abad 21. Pembelajaran Abad 21, 1–24. http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/uploads/materi-seminar/Pembelajaran-di-Era Abad-21.pdf

Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan). https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.459

Farell, G., Simatupang, W., & Giatman, M. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.

Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2004.02.001

Graham, C. R. (2006). Introduction to Blended Learning. Handbook of blended learning Global perspectives local designs. https://doi.org/10.2307/4022859

Hosier, A. (2014). Using Team-Based learning in an Online, Asynchronous Information Literacy Course. Katalog BPS, XXXIII(2), 81–87. http://www.americanbanker.com/issues/179_124/which-city-is-the-next-big-fintech-hub-new-york-stakes-its-claim-1068345-1.html%5Cnhttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15003161%5Cnhttp://cid.oxfordjournals.org/lookup/doi/10.1093/cid/cir991%5Cnhttp://www.scielo

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49–56. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Lewis, J., & Clarke, A. D. M. (2009). Synchronous Learning and Web-Based Communication With Adobe Acrobat. Multimedia Information & Technology, 34(4), 8–9.

Masie, E. (2002). Blended learning: The magic is in the mix. In The ASTD e-learning handbook (hal. 58–63).

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 53–68.

Nasrullah, A., Ende, E., & Suryadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematika. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 1–10. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.346

Pertiwi, A., Juariah, J., & Kariadinata, R. (2017). Blended learning berbasis Edmodo pada kemampuan pembuktian matematis siswa. Jurnal Santika: Jurnal Imiah Sains dan Teknologi, 7(1), 579–584. https://doi.org/10.37150/jsa.v7i1.233

Rejeki, S., & Setyaningsih, R. (2016). Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Mata. 63–70.

Sahid. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1–16.

Susilawati, E. (2017). Developing Blended Learning Model on Civic Education Course. Edutech, 16(3), 288–304. http://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/8181/pdf

Yenti, I. N. (2016). Hasil Perancangan Modul Kalkulus Dasar dan Lanjut dengan Menggunakan Maple 14. Ta’dib, 19(1), 49–60. https://doi.org/10.31958/jt.v19i1.450

Authors

Sari Saraswati
sarisaraswati7@gmail.com (Primary Contact)
Iesyah Rodliyah
Saraswati, S., & Rodliyah, I. (2021). Blended Learning Berbasis Edmodo: Respon dan Penerapan pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 171–185. https://doi.org/10.30651/must.v6i2.10483

Article Details