FUNGSI SOSIAL LEGENDA SUMUR MUMBUL BAGI MASYARAKAT DESA GLATIK, GLAGAHSARI, KECAMATAN SUKOREJO, KABUPATEN PASURUAN JAWA TIMUR

Meyvani Chintyandini (1), Eggy Fajar Andalas (2)
(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, Indonesia,
(2) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, Indonesia

Abstrak

          Sastra lisan merupakan sebuah cerita yang hidup dan berkembang di Masyarakat. Tentu saja hal ini dapat dijadikan sebagai simbol dari desa tersebut. Legenda Sumur Mumbul adalah salah satu contoh dari bentuk Sastra lisan yang berupa Legenda, Legenda ini berkembang di Desa Glatik Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dan Keberadaan Legenda ini memiliki Fungsi sosial terhadap kehidupan yang pemilik sastra tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) Menceritakan mengenai Legenda asal-usul Sumur Mumbul. (2) Menjelaskan mengenai Fungsi sosial legenda Sumur Mumbul bagi masyarakat desa Glatik,Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan Teori Fungsi yang telah dikemukakan oleh Alan Dundes. Metode penelitian menggunakan pendekatan sosiologi pembaca dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penulis melakukan penelitian di desa Glatik Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur selama satu Bulan. Proses pengambilan data dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan cara Pemantauan objek lokasi, Melakukan sesi tanya jawab dengan berbagai Narasumber, catatan, dokumentasi, pemotretan, serta perekaman dengan Data penelitian ini adalah Fungsi sosial Legenda Sumur Mumbul. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Legenda Sumur Mumbul di Desa Glatik Galaghsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan memiliki banyak fungsi bagi masyarakat pemiliknya. Fungsi ini meliputi Fungsi Ekonomi dengan adanya Legenda ini dapat membantu meningkatkan perekonomian Masyarakat Desa Glatik, Glaghsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Lalu fungsi sosial, sebagai Aktivitas Sosial Masyarakat Desa Glatik Glagahsari, Alat untuk meningkatkan solidaritas antar masyarakat dan sebagai Jati Diri masyarakat. Oleh sebab itu, Legenda ini perlu di dokumentasikan agar tidak hilang dimakan zaman dan sebagai bentuk pelestarian terhadap fungsi-fungsi yang ada di dalam Legenda.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aristama, M. F., Andalas, E. F., & Sugiarti, S. (2020). Dampak dan Fungsi Mite Semar Bagi Kehidupan Masyarakat Lereng Gunung Arjuna. Poetika, 8(1), 1. https://doi.org/10.22146/poetika.v8i1.55300

Batubara, A., & Nurizzati. (2020). Struktur dan Sosial Cerita Rakyat Legenda Asal Usul Kampung Batunabontar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1–9.

Devi, M. sri, & WS, H. (2019). Struktur Dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Inyiak Susu Sabalah di Kanagarian Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Bahasa Dan Sastra, 6(3).

Eliza, T. (2013). Khasiat Air yang Didoakan dalam Pandangan Masyarakat Kebagusan Lebak Banten. Skripsi, 01(01), 1689–1699.

Hasanuddin WS, H. W., Emidar, E., & Zulfadhli, Z. (2018). Categories of Legends Folktale of Minangkabau People’s in West Sumatra. 263(Iclle), 463–468. https://doi.org/10.2991/iclle-18.2018.79

Kami, K., Studi, P., Bahasa, P., Sastra, D. A. N., Magister, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Dharma, U. S. (2018). Tradisi Lisan Oka Sebagai Manifestasi Jati Diri Masyarakat Wewewa Sumba Barat Daya : Tradisi Lisan Oka Sebagai Manifestasi Jati Diri Masyarakat Wewewa Sumba Barat Daya :

Kanzunnudin, M.Pd., D. M. (2020). Cerita Lisan Dua Orang Sunan Beradu Jago Dalam Kajian Struktural Dan Fungsi Alan Dundes. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 235–248. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4721

Noviyanti, D. (2019). Legenda Asal Usul Nama-nama Desa di Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v7i1.33139

Purwadi. (2012). Folklor Jawa (Cet 4). Pura Pustaka.

Restica, G. A., & Marahayu, N. M. (2019). Optimalisasi Toponimi Kecamatan di Kabupaten Banyumas Guna Penguatan Identitas Budaya Masyarakat Banyumas. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 6(November).

Sari, F. M., Hayati, Y., & Zulfadhli. (2018). Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Si Untuang Sudah Di Kanagarian Salido Sari Bulan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Bahasa Dan Sastra, 6(1), 1–8.

Sari, L. A. (2019). Asal-Usul Nama-Nama Desa Di Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan Kajian Struktur, Fungsi, dan Nilai Budaya. Bapala, 5(2).

Sari, Y. N., & Zulfadli. (2018). Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakryat Legenda Setempat Pincuran Tujuah di Nagari Koto Tangah Simalonggang Desa Kapalo Koto Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bahasa Dan Sastra, 6(1), 145–156.

Septiani, Y., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2020). Toponimi Desa-Desa di Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 58. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i1.2219

Silvia, D., & Zulfadhli. (2019). Struktur Dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Syekh Katik Sangko di Kelurahan Pasir Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Bahasa Dan Sastra, 6(3).

Sutriati, N., Hasanuddin, W. S., & Zulfadhli. (2012). Kategori dan fungsi sosial cerita rakyat di kenegerian kari kecamatan kuantan tengah kabupaten kuantan singingi provinsi riau. Kategori Dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Di Kenegerian Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, 1(1), 126–131.

Vejdani, F. (2012). Appropriating the Masses: Folklore Studies, Ethnography, and Interwar Iranian Nationalism. International Journal of Middle East Studies, 507–526.

Penulis

Meyvani Chintyandini
meyvanichintyandini17@gmail.com (Kontak utama)
Eggy Fajar Andalas

Rincian Artikel