EKSISTENSI SASTRA LISAN LANGGAM SUKOHARJO MAKMUR DALAM PERPEKTIF MAHASISWA: TEORI RESEPSI RIEN T. SEGERS

Nurlaily Khoirun Ni'mah

Sari

Penelitian ini fokus pada kajian respons mahasiswa terhadap eksistensi sastra lisan Langgam Sukoharjo Makmur, yaitu terdiri dari: (a) kebermaknaan Langgam Sukoharjo Makmur, (b) relevansi Langgam Sukoharjo Makmur dengan perkembangan zaman, (c) manfaat Langgam Sukoharjo Makmur untuk pendengar, serta (d) pelestarian Langgam Sukoharjo Makmur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resensi eksperimental oleh Rien T. Segers. Data diperoleh berdasarkan angket berisi pertanyaan-pertanyaan yang disebarkan kepada para responden melalui laman pada google formulir. Adapun responden dalam penelitian ini merupakan para mahasiswa yang berdomisili di Kabupaten Sukoharjo. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif disajikan dengan menggunakan rumus, sedangkan data kualitatif disajikan dengan cara mendeskripsikan angket yang telah diisi oleh para responden. Dari hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa langgam Sukoharjo Makmur sudah jarang ditemukan dalam acara-acara kemasyarakatan. Namun, walaupun sudah jarang ditampilkan dalam acara-acara kemasyarakatan, mahasiswa yang merupakan generasi muda masih menanggapi secara positif adanya langgam Sukoharjo Makmur karena mereka masih menganggap langgam Sukoharjo Makmur bermakna, relevan dengan keadaan sekarang dan perkembangan zaman, mempunyai manfaat untuk para pendengarnya, dan masih memiliki kesempatan untuk melestarikannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ananda, Sisca Dwi. 2013. Studi Estetika Eksperimental: Tanggapan Pembaca Akademik Terhadap Drama Der Zerbrochene Krug Karya Heinrich Von Kleist. Yogyakarta.

Andriani, Tuti. 2015. Revitalisasi Naskah Syair: Sebuah Solusi dalam Pengembangan Kreativitas Mahasiswa untuk Mencintai Budaya Lokal. Pekanbaru.

Armawi, Armaidy. 2011. Eksistensi Manusia dalam Filsafat Sören Kierkegaard. Yogyakarta.

Didipu, Herman. 2020. Respons Masyarakat terhadap Eksistensi Sastra Lisan Palebohu: Studi Pendahuluan Berdasarkan Teori Resepsi Rien T. Segers. Gorontalo.

Endraswara, S. 2009. Metodologi penelitian folklor. Yogyakarta: Medpress.

Hasanah, Uswatun. 2017. Nilai Moral dalam Sāq Al-bambū Karya Saʻūd Al-Sanʻūsī. Yogyakarta.

Irwandi, Satria, dkk. 2016. Peran Sekolah dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Malang.

Larasati, S. 2014. Gaya Vokal Waldjinah Pada Langgam Keroncong. Bandung.

Nurgiyantoro, Burhan. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. 2020. COVID-19 Sukoharjo. Sukoharjo. Dalam https://experience.arcgis.com/experience/ce68569f4e9e4008ba4e15aeb7792895/page/page_0/.13 Desember.

Rahma, Nur. 2014. Tinjauan Sosiokultural Makna Filosofi Tradisi Upacara Adat Maccera Manurung sebagai Aset Budaya Bangsa yang Perlu Dilestarikan. Makassar.

Raodah. 2019. Eksistensi dan Dinamika Pertunjukan Musik Tradisional Mandar di Kabupaten Polman Sulawesi Barat. Makassar.

Segers, Rien T. 2000. Evaluasi Teks Sastra: Sebuah Penelitian Eksperimental Berdasarkan Teori Semiotik dan Estetika Resepsi. Penerjemah Sumianto Sayuti. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.

Wicaksono, S. 2005. Simponi Musik Jawa Bercita Rasa Keselarasan Hidup. Jakarta: EGC. Dalam http://www.jawapalace.org 18 November.

Widawati, Rika. 2014. Syair Lagu dalam Pengajaran Sastra. Bandung.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v5i2.6876

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.