Pemerolehan Tindak Tutur Bahasa Indonesia Anak Usia 4 Tahun

Qoni'atul Habibah

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur, strategi tindak tutur bahasa Indonesia yang diperoleh anak usia 4 tahun, dan peran lingkungan terhadap pemerolehan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara anak untuk mengomunikasikan maksud yang ingin disampaikannya kepada orang-orang di sekitarnya pada usia tersebut dan peran lingkungan terhadap pemerolehan tindak tutur anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-pragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia 4 tahun memperoleh lima jenis tindak tutur bahasa Indonesia, dua jenis strategi tindak tutur, dan lingkungan berperan dalam proses pemerolehan tindak tutur bahasa Indonesia anak usia 4 tahun.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakara: Rineka Cipta.

Asih, Mutiara Karna. 2017. Pemerolehan Kompetensi Pragmatik Bagi Anak Berbahasa Ibu Bahasa Inggris (Sebuah Kajian Psikopragmatik Studi Kasus pada Anak Video Blogger Usia 2-4 Tahun). Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Austin, J.L.1995. How To Do Things With Words. New York: Oxford University Press.

Candrasari, L. A. 2014. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik: Kajian Teoritik, edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.

Leech, Geoffrey. 1983. The Principles of Pragmatics.

Longman Group Limited. Terjemahan oleh Dr. M.D.D Oka, M.A. 2015. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Milles, Matthew. B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UIPress).

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parera, Jos Daniel. 1987. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Prayitno, Joko Harun. 2011. Kesantunan Sosiopragmatik. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Santrock, W. J. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Yusuf, Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v5i2.6256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.