PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PARAGRAF

Sri Wahyuningsih

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan memahami paragraf, (2) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf,  dan (3) mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran tipe Jigsaw dan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf. Desain/rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dari penelitian ini sejumlah 152 siswa dan sampelnya sejumlah 30 siswa yang pengambilannya dengan menggunakan teknik Classter sampling. Untuk memperoleh data, digunakan instrument tes untuk mendapatkan data hasil belajar dan angket untuk mendapatkan data motivasi belajar. Selanjutnya untuk menganalisis data guna menguji hipotesis digunakan rumus Uji t (ttest). Hasil pengolahan data untuk pengujian hoptesis, dapat dipaparkan bahwa (1) ttest (4.366) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) ttest (2,088) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima dan (3) (4.665) > ttabel (2,048) dan berdasarkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan memahami paragraf, ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf, dan ada pengaruh metode pembelajaran tipe Jigsaw dengan motivasi belajar terhadap kemampuan memahami paragraf

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit P.T. Reneka Cipta.

Chotimah. 2004. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Malang: Penerbit Surya Pena Gemilang.

Chotimah & Dwitasari. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran. Malang: Penerbit Surya Pena Gemilang.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Reka Cipta.

Ibrahim. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Penerbit Unesa-University Press.

Muhardjito. 2008.Pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Jakarta: Prenada Media.

Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Poerwadarminto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Transito

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Penerbit Prenada Media

Sardiman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada

Siagian. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit PT Andi Mahasatya

Setyosari. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit Kencana Media Group

Sudjana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset

Sujinah. 2015. Pedomam Penulisan Tesis dan Artikel Ilmiah. Surabaya: Muhammadiyah University Press

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.