HEGEMONI KETUA PARTAI TERHADAP PRESIDEN DALAM MAJALAH TEMPO EDISI 13 – 19 APRIL 2015 (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS)

Moh. Khalid Hasan

Sari

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hegemoni Jokowi Mega berdasarkan dimensi (1) tekstual (mikrostruktural), (2) kewacanaan (mesostruktural), (3) sosial-budaya (makrostruktural) pada majalah Tempo edisi 13–19 April 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan analaisis wacana kritis (AWK). Menurut Darma (2013:54), bahasan AWK berfokus pada sifat alami kontekstualisasi idiologi. Pendekatan pada idiologi harus memperhatikan efeknya terhadap bentuk dan makna serta struktur wacana yang kelak berperan untuk dan mentranformasi idiologi. Idiologi juga berpengaruh pada pemakaian bahasa  yang digunakan dalam kontruksi wacana, termasuk pengelompokan dan penafsiran situasi sosial. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa majalah Tempo edisi 13–19 April 2015 memuat kepentingan dari pihak ketua partai yang menginkan pemerintahan presiden mengikuti konstitusi partai. Adapun simpulan pada tiga dimensi tersebut adalah (1) pada dimensi tekstual (mikrostruktural), banyak digunakan diksi dan konjungsi, (2) pada dimensi kewacanaan (mesostruktural), diketahui bahwa majalah Tempo tidak terafiliasi dengan pemerintah, (3) pada dimensi praktis sosial budaya (makrostruktural), diketahui terdapat isu politik pada majalah Tempo.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chotib dkk. 2007. Kewarganegaraan 1 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS

Fairclough, Norman. 1995. Critical Disqurse Anylysis. London: Longman Group Ltd.

Hendarto, Heru. 1993. Mengenal Konsep Hegemoni Gramsci: Dalam Diskursus Kemasyarakatan dan Kemanusiaan. Gramedia. Jakarta

https://id.m.wikipedia.org/wiki/daftar_partai_politik_di_indonesia

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patria, Nezar dan Andi Arief. 1999. Antonio Gramsci, Negara Dan Hegemoni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Prijono, Onny S. dan A.M.W. Pranarka (penyunting). 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Centre For Strategic and International Studies.

Tempo. 2015. Panas Dingin Jokowi Mega Edisi 13-19 April 2015. Jakarta: PT. Tempo Inti Media tbk.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.