CITRA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CARNATION KARYA SANAZ NADYA

CINTYA NURIKA IRMA

Sari

Karya sastra merupakan cerminan dari kehidupan manusia, salah satunya perempuan yang beragam watak sifat di dalam kesusastraan itu sendiri. Dalam sebuah karya sastra juga memiliki nilai pendidikan yang dapat diambil di dalamnya. Dalam penelitian ini  menggunakan tokoh utama dalam novel Carnation,yang memiliki citra perempuan dan nilai karakter pendidikan yang cukup kuat sebagai anak remaja yang menempuh berbagai kondisi perihal kehidupannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dan percakapan yang terdapat dalam novel Carnation karya Sanaz Nadya dan sumber data novel dan buku acuan yang berkenaan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan 2 teknik yaitu teknik baca, dan teknik catat. Teknik validitas data dalam penelitian ini dengan trianggulasi data. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tentang citra tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Carnation karya Sanaz Nadya. Hasil dari penelitian ini adalah tokoh Della memiliki citra diri meliputi aspek fisik: manis, lucu, cantik, salut. Aspek psikis: penyesalan, menangis, pemarah, galak, kecemburuan, bahagia, pemalu, bijak, agresif. Ada juga citra sosial, yaitu: aspek keluarga. Nilai pendidikan dalam novel Carnation karya Sanaz Nadya meliputi: tanggung jawab, peduli sosial, disiplin, kerja keras, berbakti kepada orang tua, kasih sayang.

 

Kata Kunci : citra perempuan, novel Carnation, nilai pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andika Putri. 2017. Citra Tokoh Utama Perempuan Dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata Dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Universitas: Universitas Bandar Lampung.

Anthonia Paula Hutri Mbulu. 2017. Citra Perempuan Dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono: Kajian Kritik Sastra Feminisme.

Irma, Cintya Nurika. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Universitas: Universitas Peradaban.

Endaswara. 2013. Metodelogi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Isminarti, Rosita. 2010. Citra Perempuan dalam Novel Kesempatan Kedua Karya Jusra Chandra, Tinjaun Feminisme Sastra. Universitas: muhammadiyah Surakarta.

Marlina Susanti1, Hamidin2, M. Ismail Nst. 2013. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Nazar-Nazar Jiwa Karya Budi Sulistyo En-Nafi’. Universitas: Universitas Negeri Padang.

Meleong, Lexy. 2014. Metodelogi Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadya, Sanaz. 2017. Carnation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Noni Febriana, Harris Effendi Thahar, Ermanto. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Universitas: Universitas Negeri Padang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada: University Press.

Pujiwijayanti, Dian. 2013. Citra Tokoh Utama Wanita Dalam Roman Cocak Nguntal Elo Karya Suprapta Brata. Universitas: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratna, Yoman Kutha. 2012. Teori Metode dan Teknik penelitian sastra. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugihastuti dan Suharto. 2010. Kritik sastra feminisme, teori dan aplikasinya. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Sugihastuti. 2000. Wanita Di Mata Wanita, Persektif Sajak-Sajak Teory Heraty. Penerbit Nuansa.

Winda Dewi Pusvita. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata. MTsNU 10 Penawaja Tegal: Leksema Vol 2 No 1 Januari-Juni.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v5i1.5011

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.