Pudarnya Pesona Bahasa Indonesia di Media Sosial (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Penggunaan Bahasa Indonesia)

Meilani Arsanti (1), Leli Nisfi Setiana (2)
(1) Universitas Islam Sultan Aguung, Indonesia,
(2) , Indonesia

Abstrak

Pesona bahasa Indonesia saat ini semakin memudar terlebih dengan menjamurnya media sosial. Pengguna media sosial yang disebut warganet kerap menggunakan istilah-istilah atau kosakata yang tidak sesuai dengan aturan kebahasaan. Hal tersebut berdampak pada cara komunikasi masyarakat Indonesia karena terbawanya bahasa yang digunakan pada media sosial dalam kehidupan sehari-hari baik lisan maupun tulis. Penggunaan bahasa pada status media sosial warganet dari perspektif sosiolingistik menjadi kajian dalam tulisan ini. Artikel ini ditulis dengan harapan memberikan wawasan kepada pembaca terkait perkembangan bahasa Indonesia di era modernisasi.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ambar. 2018. 17 Cara Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Sosial. https://pakarkomunikasi.com/penggunaan-bahasa-dalam-media-sosial (Diunduh 31 Juli 2019).

Arsanti, Meilan. 2017. “Siapa Dia? Lihatlah Bahasa pada Media Sosialnya. Eprints UNDIP eprints.undip.ac.id/61674/1/28._Meilan_Arsanti_UNISULA.pdf. (Diunduh 30 JUli 2019).

Riyandi, Rizma. 2018. Bahasa di Media Sosial. https://www.ayobandung.com/read/2018/12/06/41396/bahasa-di-media-sosial (Diunduh 31 Juli 2019).

Penulis

Meilani Arsanti
meilaniarsanti@gmail.com (Kontak utama)
Leli Nisfi Setiana

Rincian Artikel