Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran

Endang Wahyuningsi (1)
(1) STKIP Ahlussunnah Bukittinggi, Indonesia

Abstrak

Pendekatan diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang harus diperbaiki salah satunya adalah pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan yang dapat memperbaiki pembelajaran adalah pendekatan komunikatif. Pendekatan komunikatif merupakan suatu pendekatan yang menitikberatkan pada kemampuan komunikatif siswa, baik di lingkungan formal maupun nonformal. Ciri-ciri pendekatan komunikatif ditinjau dari segi siswa, peran guru, perangkat pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Karakteristik pendekatan komunikatif ditinjau dari segi siswa, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran. Tujuan utama dari pendekatan komunikatif adalah menjadikan siswa mampu atau memiliki kompetensi komunikatif. Penerapan pendekatan komunikatif sepenuhnya dilakukan oleh siswa (student centre) sedangkan guru hanya sebagai fasilitator

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Brown H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. New York:Pearson Inc.

Djuanda, Dadan. 2008. “Studi tentang Penerapan Pendekatan Komunikatif dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri Sukamaju Kabupaten Sumedangâ€. Jurnal Pendidikan Dasar (online),http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_10Oktober_2008/Studi_Tentang_Penerapan_Pendekatan_Komunikatif_dan_Pendekatan_Terpadu_dalam_Pembelajaran_Bahasa_Indonesia_di_Kelas_VI_SD_Negeri_Sukamaju_Kabupaten_Sumedang.pdf,diakses 17 Mei 2019.

Ekowati, Sri Harini. 2010. “Interaksi Antarsiswa di Kelas Reception Ecrite (Keterampilan Membaca Teks) pada Mahasiswa Semester 4 Jurusan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakartaâ€. Jurnal Bahasa dan Sastra (online), 1 http://www.bing.com/search?q=Interaksi+Antarsiswa+di+Kelas+Reception+Ecrite+(Keterampilan+Membaca+Teks)+pada+Mahasiswa+Semester+4+Jurusan+Bahasa+Prancis+Universitas+Negeri+Jakarta%E2%80%9D.+Jurnal+Bahasa+dan+Sastra&src=IETopResult&FORM=IE11TR&conversationid= diakses 17 Mei 2019.

Ellis, Rod. 1995. The Study of Second Language Acquisition. Oxford:Oxford University Press.

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Finocchiaro, Mary dan Sako Sydney. 1983. The Functional National Approach:From The Theory to Practice. New York:Oxford University Press.

Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)

Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35

Grow, Janice. 1987. “Pendekatan Komunikatifâ€. Makalah. Jakarta:Depdikbud.

Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94

Hergenhahn, B.R. dan Olson, Matthew H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta:Kencana.

Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1

Iskandarwassid dan Dadang Suhendar. 2011. Stategi Pembelajaran Bahasa. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Jamaluddin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusantara.

Kartini. Tanpa tahun. “Pendekatan Komunikatif (Al-Madhal Al-Ittishal) dalam Pembelajaran Bahasa Arabâ€. Jurnal Altajdid STAIN (Online). http://altajdidstain.blogspot.com/2011/02/pendekatan-komunikatif-al-madhal-al_08.html, diakses 17 Mei 2019.

Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170

Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13

Muchlisch. 1991. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta:Depdikbud Proyek Penataan Guru Setara DII.

Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta:Adicita Karya Nusa.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1990. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta:Kanisius.

Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.

Syafyahya, Leni. 2010. “Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggiâ€. Skripsi (online). http://lenisyafyahya.wordpress.com/2010/01/28/pendekatan-komunikatif/, diakses 17 Mei 2019.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.

Subana dan Sunarti. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran. Bandung:Pustaka Setia.

Subyakto, Sri Utari N. 1988. Metodologi Pengajaranm Bahasa. Jakarta:Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sudjianto. 2004. “Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Jepang†Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia:Fakultas Bahasa dan Seni. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&ved=0CCwQFjAA&url=http%3A%2F%2Ffile.upi.edu%2FDirektori%2FFPBS%2FJUR._PEND._BAHASA_JEPANG%2F195906051985031-SUDJIANTO%2F8._Makalah_Pendekatan_Komunikatif.pdf&ei=6IKgUY7VCYPirAe0jYGgBw&usg=AFQjCNF63KGQguPQH3WeG6-6FF3BeacOnw&sig2=8xIZcjOcEHRhpfq5izpz3w&bvm=bv.47008514,d.bmk, diakses 17 Mei 2019.

Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224

Zubaidah, Nur. 2011. “Penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Pisangcandi 2 Malang†Skripsi (online). http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/penerapan-pendekatan-komunikatif-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-untuk-meningkatkan-keterampilan-berbicara-pada-siswa-kelas-iii-sdn-pisangcandi-2-malang-nur-zubaidah-49153.html, diakses 17 Mei 2019.

Penulis

Endang Wahyuningsi
endang_wahyuningsi@ymail.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

Endang Wahyuningsi, STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Saya dosen tetap pada program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Rincian Artikel