Pengembangan Bahan Ajar (LKS) Bergambar Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa MTs Kelas VIII MIftahul Ulum Pamekasan Madura

Sofiatun Sofiatun (1), M. Ridlwan (2)
(1) SMK Matsaratul Huda Pamekasan Madura,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan pengembangan LKS teks  prosedur kompleks untuk siswa MTs kelas VIII, (2) Mendeskripsikan efektifitas LKS teks prosedur kompleks untuk siswa MTs kelas VIII, dan (3) Mendeskripsikan kepraktisan LKS teks prosedur kompleks untuk siswa MTs kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan deskripsi hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar LKS menulis teks prosedur kompleks. Sumber data validasi prototipe bahan ajar adalah guru bahasa indonesia kelas VIII dan ahli bahan ajar. Dari  kedua orang ahli bahan ajar yang menilai bahan ajar LKS menulis teks prosedur kompleks, yaitu (1) aspek penyajian sampul (cover) dalam kategori “Baikâ€, (2) aspek isi/materi dari ahli bahan ajar   mendapatkan skor rata-rata dalam kategori “Baikâ€, (3) aspek kebahasaan dan keterbacaan mendapatkan skor rata-rata dalam kategori “Baikâ€. Sedangkan dari ahli pengguna, dari (1) aspek sampul (cover) dari ahli pengguna mendapatkan skor rata-rata dalam kategori “Baikâ€, (2) aspek Isi/materi ahli pengguna mendapatkan skor rata-rata dalam kategori “Baikâ€, dan (3) aspek kebahasaan ahli pengguna  mendapatkan skor rata-rata dalam kategori “Baikâ€.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Fadila, Anisa. 2011†Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Karangan Narasi dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMAâ€. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,

Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)

Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35

Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press.

Isnah, Encik Savira. 2019. Wacana Islam Melalui Novel Surga Yang Tak Dirindukan Analisis Wacana Kritis Ala Teun A. Van Dijk. Lingua Franca (3) (2) 234-242

Kosasih, E. 2009. Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VII. Bandung: CV. Cipta Dea Pustaka.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis: Sesuai dengan Kurikulum Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.

Luthfan, 2015. Contoh Teks Prosedur Kompleks. dalam http://wwLuthfan,Diakses 07 Februari 2018 pukul 20:33

Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13

Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170

Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. 2013.

Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwoko, Prida. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lembar Kerja Siswa. dalam http://wwPridaPurwoko ,Diakses 07 Februari 2018 pukul 13:22

Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224

Suyanto, Edi 2015. Membina, Memelihara dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar.Graha Ilmu.

Tarigan, Henri Guntur 2008. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tryanasari, Nova Paramytha. 2009. “Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Resensi dengan Tehnik Cutting And Glowing Bagi Siswa SMP kelas IXâ€.Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Widyowati, Pengembangan LKS Menulis Resensi Buku dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SMAâ€. Universitas Negeri Malang.

Penulis

Sofiatun Sofiatun
Fifinsofiatun7@gmail.com (Kontak utama)
M. Ridlwan

Rincian Artikel