Pengembangan Media Pictures Movement untuk Pembelajaran Menulis Paragraf

Sa'id Arizal (1), Ngatmain Ngatmain (2)
(1) SMA Islam Miftahul Ulum Pamekasan,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pengembangan media pictures movement  untuk pembelajaran menulis paragraf siswa kelas XII SMA Islam Miftahul Ulum. (2) efektifitas media pictures movement untuk pembelajaran menulis paragraf siswa kelas XII SMA Islam Miftahul Ulum yang dikembangkan. (3) kepraktisan media pictures movement untuk pembelajaran menulis paragraf siswa kelas XII SMA Islam Miftahul Ulum yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian Research & Development (R & D), yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau memperbaiki produk-produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Islam Miftahul Ulum yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan instrument, wawancara, angket, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa diperoleh hasil penelitian untuk uji validasi produk/media ahli media 1 yaitu 4.00/baik, ahli media 2 yaitu 4.15/baik. Ahli materi yaitu 4.22/baik.  Pengguna (guru 1) yaitu 4.16/baik, (guru 2) yaitu 4.06/baik. Uji coba skala kecil untuk penilaian proses yaitu 4.00/sangat baik, kesatuan yaitu 3.80/sangat baik, koherensi yaitu 2.00/baik, kelengkapan yaitu 3.40/sangat baik. Untuk uji coba skala besar untuk penilaian proses yaitu 3.90/sangat baik, kesatuan yaitu 3.55/sangat baik, koherensi mendapat yaitu 3.50/sangat baik, kelengkapan mendapat yaitu 3.35/sangat baik. Sedangkan untuk angket respon siswa memperoleh jumlah 223 pilihan (setuju) dan dari hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia memperoleh kesimpulan bahwa media pictures movement ini telah guru tersebut merasa terbantu dalam pemberian materi menulis paragraf kepada siswa karena media pictures movement ini adalah media elektronik yang fleksibel dan variatif sehingga pembelajaran tidak monoton dan tercipta kelas yang kondusif, menyenangkan serta praktis.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agustina, Candra. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah Prambananâ€. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad, Pribadi Benny dan Yuni Katrin. 2017. Media Teknologi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anita, Ria. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Animasi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruanâ€. Tesis. Universitas Lampung.

Angkowo, R. 2007. Optimalisasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Antonius, Rachmat dan Alphone Roswanto. 2005/2006. Pengantar Multimedia. Universitas Kristen Duta Wacana.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Chulsum, Umi dan Windy Novia. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Surabaya: Kashiko Surabaya.

Cahyanai Isah, Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35

Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,

Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188

Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)

Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94

Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1

Ibrahim dan Syaodih. 1992. Perencanaan Pengajaran. Depdikbud.

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13

Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170

Musfiqon. 2012. PENGEMBANGAN MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminta, W.J.S. 1979. ABC Karang Mengarang. Yogyakarta : Gadjah Mada University.

Putri, Anisa Windari Septiani. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2D Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDâ€. Skripsi. UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA.

Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.

Rusyana, Yus. 1986. Buku Materi Pokok Keterampilan Menulis. Jakarta : Karunia.

Rima Wati, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Siti Mariah Ulfah, 2016, ANIMASI 2 DIMENSI (pengertian animasi, Teknik animasi), sitimariahulfah.ilearning.me/2016/04/20/animasi-2 dimensi-pengertian-animasi-teknik-animasi/ diakses tanggal 5 Januari 2018).

Soeharto, Karti & dkk. 2003. Tehnologi Pembelajaran (Pendekatan Sistem, Konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar Media). Surabaya: Surabaya Intelectual Club.

Sugiarta, Awandi Nopyan. 2007. Pengembangan Model Pengelolaan Program Pembelajaran Kolaboratif untuk Kemandirian Anak Jalanan dirumah Singgah (Studi Terfokus dirumah Singgak Kota Bekasi). Bandung : PPS UPI.

Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224

Suriamiharja, Agus dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Suheri, Agus. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Elec media Komputindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Abdu. 2015. http://abdusulaiman.blogspot.co.id/2015/12/macam-macam-teknik-analisis-data.html?m=1 diakses pada tanggal 20 Januari 2018.

Tarigan, Henri Guntur. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tegeh, I Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wibawa, Basuki & Farida Mukti. 1992. Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Penulis

Sa'id Arizal
said.arizal@yahoo.com (Kontak utama)
Ngatmain Ngatmain

Rincian Artikel