Harmoni dalam "?': Sebuah Interaksi Sosial Masyarakat Multikultural

Septiawan Setiarsa (1)
(1) MA AL-ISlamiyah 1 Sumberbatu Pamekasan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk 1.) Interaksi sosial asosiatif dan 2.) Interaksi sosial disosiatif dalam novel Harmoni dalam “?†karya Melvy Yendra dan Andriyati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena atau gejala yang dialami oleh subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi. Metode deskripsi adalah metode yang menggambarkan atau melukiskan fakta-fakta atau gejala secara sistematis. Hasil analisis data tentang interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif dalam novel Harmoni dalam “?†karya Melvy Yendra dan Andriyati berwujud 1.) Interaksi sosial asosiatif bentuk kerja sama antara atasan dengan bawahan, kerja sama dalam kegiatan keagamaan, dan kerja sama dalam kegiatan kemanusiaan. Akomodasi dalam bentuk toleransi yaitu kebebasan dalam menjalankan ibadah, menghormati ajaran dan eksistensi agama lain, kebebasan dalam memeluk agama, dan bebas dalam berpikir. 2.) Interaksi sosial disosiatif bentuk persaingan dalam percintaan. Kontravensi dalam bentuk penolakan, memfitnah, provokasi dan intimidasi. Konflik yang terjadi atas dasar rasisme yang mengakibatkan perkelahian.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Khasanah, Hidayatul. 2016. Tesis. Nilai Toleransi Dalam Film “?†Karya Hanung Bramantyo (Dalam Perspektif Pendidikan Islam). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Lande, Janisa Pascawati. 2014. Tesis. Konstruksi Realitas Konflik Agama dalam Film “?†(Analisis Semiotika). Universitas Hasanuddin Makassar.

Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja.

Yendra, Melvy dan Andriyati. 2011. Harmoni dalam “?â€. Jakarta: Mahaka Publishing.

Penulis

Septiawan Setiarsa
awansetiarsa@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel