Performansi Komunikasi Anak Cerebral Palsy YPAC Surabaya (Studi Kasus Cerebral Palsy Klasifikasi Spastic)

Furri Kurnia Aditama (1)
(1) Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memaparkan performansi komunikasi dengan menggunakan metode Total Physical Respons (TPR) pada anak Cerebral Palsy (CP) Klasifikasi Spastic. Penelitian ini juga memaparkan performansi fonologis artikulatoris pada anak CP di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), Surabaya. Perspektif teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perkembangan bahasa pada anak yang dikembangkan oleh para ahli psikolinguistik dan berakar dari teori bahasa Chomsky. Penelitian ini melibatkan 7 orang subjek penelitian dengan Cerebral Palsy klasifikasi spastic yang ada di YPAC. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kasus tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stiap anak CP memiliki kemampuan persepsi yang normal meskipun kemampuan fonetis artikulatoris mereka berbeda. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa metode TPR dapat digunakan sebagai teknik melatih komunikasi pada anak Cerebral Palsy tipe Spastic yang  disesuaikan dengan tahap akhir capaian perkembangan bahasa anak. Keberhasilan metode tidak ada kaitannya dengan tipe Cerebral Palsy yang dialami anak maupun usia. Metode TPR  ini tidak memungkinkan hasil yang dicapai anak berupa pengucapan kata yang jelas dan tepat, namun setidaknya dengan melatih anak menggunakan metode ini dapat membuat cara pengucapan bahasa anak dapat lebih dipahami dari sebelumnya. 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arifuddin. 2013. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Basir, Udjang Pr. M. 2016. Studi Bahasa Sosial (Konsep, Model Pendekatan, dan Fakta Bahasa). Surabaya: Pustaka Ilalang.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Choger, Lesley, dkk. 1992. Cerebral Palsy: The Child and Young Person. London: Chapman & Hall Medical.

Davis, E., dkk. 2009. Quality of Life of Adolescents with Cerebral Palsy: Perspective of Adolescents and Parents. Developmental Medicine & Child Neurology, 51 (3), 193- 199.

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. 2006. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Sekolah Luar Biasa (SDLB). Jakarta: Depdiknas.

Finnie, Nancie, R. (1997). Handling the Young Child with Cerebral Palsy at Home (3rd ed.). London: Martins the Printers Ltd, Berwick upon Tweed

Hayles, Emily, Desley Harvey, David Plummer, & Anna Jones. (2015). Parents’ Experiences of Health Care for Their Children with Cerebral Palsy. Qualitative Health Research, 25 (8), 1139-1154.

Karima, Raisa. 2016. Modeling Sebagai Teknik Melatih Komunikasi Interpersonal pada anak Cerebral Palcy Klasifikasi Spastic Quadriplegia dan Hipotenia

Novak, Iona. 2014. Evidence-Based Diagnosis, Health Care, and Rehabilitation for Children with Cerebral Palsy. Journal of Child Neurology, 29 (8), 1141-1156.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak.Jakarta: ECG

Voorman, J. M., dkk. 2010. Social Functioning and Communication in Children with Cerebral Palsy: Association with disease charactristics and personal and enviromental factors. Developmental Medicine and Child Neurology, 52 (5), 441-447.

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 1989. Fonologi. Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 2001. Perkembangan Fonologis Tuturan Bahasa Indonesia Anak: Suatu Tinjauan Berdasarkan Fonologi Generatif. Disertai tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 2007. Deviasi Fonologis Tuturan Bahasa Indonesia Anak. Jurnal Diksi volume 14 No. 2 Juli 2007

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 2008. Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 2009. Perkembangan Fonologis Bahasa Anak. Surabaya: Unesa University Press.

Yulianto, Bambang dan Triwijaya, Totong. 2011. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya:Unesa University Press

Penulis

Furri Kurnia Aditama
furriaditama16070835019@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel