Habitus dan Arena dalam Novel Taman Api Karya Yonathan Rahrdjo

Everhard Markiano Solissa (1)
(1) FKIP Universitas Pattimura/ Mahasiswa S-3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Karya sastra lahir dari latar belakang dan dorongan dasar manusia untuk mengungkapkan eksisitensi dirinya. Karya sastra lahir bukan dari ruang kosong melompong, tetapi dari sebuah interaksi dengan realitas kehidupan manusia. Salah satu realitas dalam kehidupan dunia kontemporer sekarang ini adalah  adanya krisis identitas dan subjektivitas. Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan mendeskripsikan habitus dan arena dalam novel Taman Api karya Yonathan Rahrdjo. Data dikumpulkan dengan teknik pustaka. Dengan menggunakan teori medan sastra Pierre Bourdieu, ditemukan bahwa (1) novel Taman Api menggambarkan bentuk habitus atau cara pandang seseorang dalam menentukan tindakan. Habitus agen terus bergerak dari waktu ke waktu. Pergerakan itu diakibatkan oleh pengalaman, didikan, atau bahkan pergaulan; (2) arena dalam novel Taman Api berupa arena kedokteran yang dianggap arena orang berkelas. Namun demikian, dalam arena ini agen-agenya tidak mencerminkan akhlak yang baik. Arena berikutnya adalah arena bisnis di mana setiap agen berupaya menjalankan fungsi dengan sebaik-baiknya agar jaringan yang dibangun tetap bertahan untuk kepentingan bersama yaitu saling menguntungkan. Arena yang terakhir adalah arena waria. Setiap agen dalam arena ini dianggap perusak tatanan moralitas, dan sering menjadi sasaran kekerasan penguasa.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Bourdieu, Pierre. 2015 (cetakan ketiga). Pierre Bourdieu. Arena Produksi Kultural Sebuah Kajian Sosiologi Budaya (Diterjemahkan oleh Yudi Santoso) Bantul:

Kreasi Wacana.

Creswell, John W. 2014. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Memilih di antara lima pendekatan. (alih bahasa oleh Ahmad Lintang Lazuardi).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

Fashri, Fauzi. 2014. Pierre Boudieu. Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rahardjo, Yonathan. 2011. Taman Api. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Sastra dan Cultural Studies. Representasi Fiksi dan Fakta (cetakan III).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra (cetakan XIII).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wattimena, Reza A.A. 2012. Berpikir Kritis bersama Pierre Bourdieu. http://rumahfilsafat.com/2012/04/14/sosiologi-kritis-dan-sosiologi-reflektif-pemikiran-pierre-bourdieu/ Diakses tanggal 19 September 2015.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Penulis

Everhard Markiano Solissa
eversolissa@yahoo.com (Kontak utama)

Rincian Artikel