Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD LESTARI Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Desy Indah Wulandari (1)
(1) pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstrak

Perkembangan bahasa anak dimulai sejak lahir sampai usia 5 tahun secara khusus telah memperoleh beribu-ribu kosakata, sistem fonologi dan gramatika serta aturan kompleks yang sama untuk menggunakan bahasa mereka dengan sewajarnya dalam banyak latar sosial. Berdasarkan pernyataan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa Indonesia anak-anak usia dini yang berumur 3 hingga 5 tahun di PAUD Lestari desa Blimbing, kecamatan Paciran, Lamongan di lingkungan Sekolah pada tataran fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Pusat dari penelitian ini adalah pemerolehan bahasa Indonesia pada anak-anak usia dini di Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan pada tataran fonologi, morfologi dan sintaksis serta semantik di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Anak usia 3 tahun mengalami perubahan bunyi /r/ diucapkan /l/, /s/ diucapkan /c/ dan bunyi sedangkan pada anak yang berusia 4 - 5 tahun sudah memperoleh semua bunyi vocal dan bunyi konsonan, tidak ada perubahan bunyi /r/ yang berubah /l/. (2) Anak usia tiga tahun dalam pemerolehan morfologi belum memperoleh kata yang mendapatkan proses afiksasi serta muncul morfem yang tidak utuh sedangkan pada anak yang berusia 4 tahun sudah muncul morfem yang utuh dan prefiks {meN-} dan usia 5 tahun lebih banyak muncul pemerolehan afiksasi. (3) Pada tataran sintaksis, anak yang berusia 3 tahun hanya memperoleh ujaran dua kata, sedangkan anak yang berumur 4-5 tahun sudah memperoleh ujaran beberapa kata (4) Pada tataran semantik hampir semua ujaran anak mengandung makna denotatif, ada pula kalimat yang muncul dengan makna konotatif.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adipitoyo, Sugeng. 2011. Morfofonemik Bahasa Jawa. Surabaya: Citra Wacana

Adipitoyo, Sugeng. 2012. Valensi Sintaksis Bahasa Jawa. Surabaya: Citra Wacana

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Basir, Udjang. 2010. Sosiolinguistik: Pengantar Kajian Tindak Berbahasa. Surabaya: Penerbit Bintang

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik:Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul dkk. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Clark and Herbert H. Clark Eve.V. (1977) Psychology and Language An Ontroduction to Pscyholinguistics. Harcourt Barce Jovanovich.lnc.USA

Dardjowidjoyo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Depdikbud. 1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik (edisi kedua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Moeliono dan Soejono. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka

Monks, F.J, dkk. 2006. Psikologi Perkembangan, terjemahan, penyesuaian, dan penulisan naskah kembali buku berjudul Ontwikkeling Psychologie. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nababan P.W.J. 2004. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia

Parera, J.D. 1983. Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga

Pateda. Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Penerbit Angkasa

Ramlan, M. 2006. Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono

Rani, Abdul, Dkk. 2006. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dan Pemakaian. Malang: Bayu Madia Publising.

Samsuri. 2002. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Sastra Hudaya

Samsuri. 2007. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga. Soedjito. 2004. Kalimat Efektif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Subyakto, Sri Utarai. 2008. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PPLPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC

Suyitno, Imam. 2002. Teori Belajar Bahasa. Malang: JPBSI

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung:Angkasa

Yulianto, Bambang. 2011. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press

Penulis

Desy Indah Wulandari
desywulandari16070835059@mhs.unesa.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

Desy Indah Wulandari, pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

tenaga pengajar

Rincian Artikel