KAJIAN BANDINGAN RESEPSI PEMBACA IDEAL NOVEL PERANG KARYA PENGARANG INDONESIA DAN MALAYSIA DALAM UPAYA MENANAMKAN SIKAP CINTA TANAH AIR

Suharmono Kasiyun (1), Syamsul Ghufron (2), Pance Mariati (3)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan resepsi pembaca ideal antara novel Maut dan Cinta karya Mochtar Lubis dari Indonesia  dengan novel Sandera karya Arena Wati dari Malaysia sebagai upaya untuk menanamkan cinta tanah air. Penelitian ini memakai pendekatan sastra bandingan. Ada beberapa pembava ideal yang melakukan resepsi dalam penelitian ini yang terdiri atas pengamat dan kritikus sastra dari Indonesia, Malaysia, dan Belanda.  kedua novel sama-sama mengisahkan perjuangan kemerdekaan, Maut dan Cinta lebih mencekam pembaca karena mengandung segala unsur yang diperlukan: cinta, perang, spionase, kepahlawanan, dan pengkhianatan. Busad sebagai pejuang sejati dalam Sandera tidak terikat oleh pandangan nasionalisme yang sempit, tidak terikat oleh kewarganegaraan yang fanatik. Busad berjuang untuk Indonesia dan Malaysia, sedang  nasionalisme dalam diri Sadeli adalah Indonesia. Untuk mempertahankan tanah air perlu pengorbanan jiwa raga.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abdullah, Imraan T. 2002. “â€Resepsi Sastra Teori dan Penerapannya†dalam Resepsi Sastra Teori dan Penerapannya.Jabrobim (Penyhunting). Jogjakarta: Hanindita Graha Widya.

Amanat, Tri. 2018. :Naskah Drama Suto Mencari Bapak: Sebuah Konkretisasi Resepsi Produktif Puisi Mencari Bapak. Jurnal Jentera, 7 (1), 2018.

Arena Wati. 1978. Sandera. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia.

Aritonang, Devinna Riskiana. 2018. “Analisis Pendekatan Resepsi Sastra Terhadap Novel Chairil Tanjung Anak singkong. Linguistik Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 Januari Juni 2018.

Baihaqi, Imam. 2015. “Resepsi Cerita Perang Bubat dalam Novel Niskala Karya Hermawan Aksan†. Transformasi: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya vol 11, no 2 2015

Hill, David T. 1992. “Revolusi dan Kepemimpinan: GambaKota ran yang Berubahdalam Tiga Novel Mochtar Lubisâ€. Dalam Mochtar Lubis Wartawan Jihad. Jakarta: Kompas.

Isin, Ramli. 1997. Novel Melayu Mutakhir Tema dan Persoalan Karya. Selangor: Fajar Bakti SDN BHD.

Lisnaini, Septi dan Siti Isnaniah. 2019. “Kajian Resepsi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Fath and The City karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. An Nas. Jurnal Humaniora, vol 3, no 2, 2019.

Lubis, Mochtar. 1977. Maut dan Cinta. Jakarta: Pustaka Jaya.

Noviana, Fajria. 2021. ‘Resepsi Pembaca erhadap Cerpen “Hashire Merosu†Karya DazaiOsamu’. https://ejurnal.undip.ac.id (diakses 16 September 2021).

Remak, Henry.19. “Sastera Bandingan Takrif dan Fungsi†dalam Sastera Bandingan Kaedah dan Perspektif.. Editor Stalknecht Newton P. dan Horst Frenz. Penerjemah Zalila Sharif. Kuala Lumpur. Dewan Bahasa dan Pustaka.

Sahril. 2018. “Cerita Rakyat ‘Mas Merah’ Kajian Resepsi Sastra†Jurnal Kandai Balai Bahasa Sumatra Utara. Vol 14, no 1, Mei 2018.

Saman, Sahlan Mohd. 2001. Novel-Novel Perang dalam Kesusasteraan Malaysia, Indonesia, Filipina. Jakarta: Gaya MEDIA Pratama.

Tahir, Abdullah. 1977. Ulasan dan Kajian Teks Sastra Sandera Arena Wati. Kota Bharu-Kelanan. Mohd Nawawi Book Store.

Teeuw, A. 1989. Sastra Indonesia Modern II. Jakarta: Pustaka Jaya.

Penulis

Suharmono Kasiyun
suharmono@unusa.ac.id (Kontak utama)
Syamsul Ghufron
Pance Mariati

Rincian Artikel