REALITAS SOSIAL DALAM WAYANG DURANGPO KARYA SUJIWO TEJO PADA HARIAN JAWA POS

Arisni Kholifatu Shofiani

Sari

Wayang adalah sebuah wiracarita yang pada intinya mengisahkan kepahlawanan para tokoh yang berwatak baik menghadapi dan menumpas tokoh yang berwatak jahat. Wayang yang telah melewati berbagai peristiwa sejarah, dari generasi, menunjukkan betapa budaya pewayangan telah melekat dan menjadi bagian hidup Bangsa Indonesia, khususnya Jawa. Usia yang demekian panjang dan kenyataan bahwa hinga dewasa ini masih banyak orang yang menggemarinya menunjukkan betapa tinggi bilai dan berartinya wayang bagi kehiduipan masyarakat. Sumber data artikel ini adalah Wayang Durangpo karya Sujowo Tejo yang terbit di Jawa Pos pada setiap hari minggu. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini kajian sosiologi sastra dengan fokus realitas sosial. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif lebih menitik beratkan pada kaitan karya sastra itu sendiri, yaitu aspek sosial. Teknik pengumpulan data ini mengguinakan teknik pustaka atau dokumnentasi yang memanfaatkan sumber-sumber data yaitu Wayang Durangpo dalam rubrik  harian koran Jawa Pos. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan menganalisis dokumen untuk mengetahui isi dan maknanya. Penelitian ini banyak mengungkap  realitas sosial yang tejadi pada masyarakat, yaitu realitas tentang pendidikan, deskriminsai, kebudayaan,kepribadian seseorang, sifat seseorang,  dan kepemimpinan

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi

Amir, Hazim. 1994. Nilai-nilai Etis dalam Wayang. Jakarta: Sinar Harapan

Burhan,Nurgiyantoro. 1998. Transformasi unsur pewayangan dalam fiksi Indonesia. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Damono,Supardi Djoko. 2010. Sosologi Sastra, Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa.

Djajasudarma, T. Fatimah. 1992. Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: PT Refrika Aditama.

Groenendael, Victoria M. Clara. 1987. Dalangdi Balik Wayang. Jakarta: Pustaka Utama

Grafiti.Moleong, J. Lexy. 2008. Metedologi Artikel Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyono, Sri. 1989. Wayang, Asal-usul, Filsafat, dan Masa Depannya. Jakarta: CV Haji Masagung.

Sudjarwo, Heru S, Sumari, dan Undung Wiyono. 2010. Rupa & Karakter Wayang Purwa. Jakarta: Kakilangit Kencana Prenada Media Group

Supratno, Haris. 1998. Transformasi Cerita Dewi Rengganis dalam Naskah ke dalam Pertunjukan Wayang Sasak. Surabaya: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya Lembaga Artikel.

Tejo, Sujiwo, 2012. Wayang Durang Po. Jawa Pos

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1991. Teori Kesustraan Terjemahan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.

Wibisono, Singgih. 2009. Wayang, KaryaAgungDuniahttp://www.Sastrandonesia.com/ 2009/12/Wayang,Karya Agung Dunia/. Diunduh 20 Mei 2011.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v6i1.11930

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.