PEMANFAATAN ASPEK-ASPEK KEBAHASAAN DALAM SEPULUH PIDATO KH.ZAINUDDIN MZ

farizan fahmi

Sari

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek -aspek kebahasaan yang digunakan oleh KH. KH. Zaenuddin MZ dalam sepuluh pidatonya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sepuluh pidato KH.Zaenuddin MZ. Data berupa kutipan kata, kalimat, paragraph. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, yaitu menyadap penggunaan bahasa, kemudian dilanjutkan dengan teknik catat yaitu pencatatan data yang telah diperoleh dalam kartu data kemudian diklasifikasi. Penyajian hasil penelitian ini menggunakan metode informal. Yang dimaksud dengan metode informal yaitu metode penyajian hasil analisis data yang berupa perumusan dengan kata-kata biasa termasuk penggunaan terminologi yang bersifat teknis. Hasil penelitian ini adalah hasil pemaparan di atas dapat sumpulkan bahwa aspek -aspek kebahasaan yang digunakan oleh KH Zainuddin MZ dalam menyampaikan pidatonya adalah campur kode, kalimat interogatif, deklaratif, imperatif, eufemisme dan repetisi (gaya bahasa). Terkait dengan campur kode banyak ditemukan kode-kode dari bahasa lain memasuki tataran kalimat bahasa Indonesia seperti unsur bahasa Arab, Inggris dan bahasa Jawa. Dari segi kalimat, kalimat yang banyak digunakan adalah kalimat imperatif, deklaratif dan kalimat interogatif. Sedangkan mengenai penggunaan repetisi, tedapat beberapa wujud yaitu berupa anafora, anadiplosis, efistrofa, dan efizauksis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alwi, Hasan, Suejono Darjowidjojo, Hans Lay oliwa, Anton M Moeliono. 1993. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jukarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik, Perkenalan Awal. Jakarta :Rieneka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta : Gramedia.

Khaeri, Sudarman. 2005. Morfologi Verba Bahasa Sasak Dialek Ngeno-Ngene: Mataram :FKIP Unram.

Ramlan. 1987. Sintaksis : /lmu Bahasa Indonesia. Yogyakarta : C.V. Karyono.

Artistika , Lingua . 2002. Jurnal Bahasa dan Seni. FBS Universitas Negeri Semarang : C.V.Ikip Semarang Press.

Kcraf, Gorys . 1990 . Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : Gramedia.

Moeliono, Anton M . 2001. Bentuk dan Pilihan Kata: Bahan Penyuluhan Bahasa Indoncsia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi Bahasa Indonesia . Jakarta : Gramedia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/lf.v6i1.10575

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.