Peran Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Jaringan PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro

Penulis

  • Nia Tufaila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuniawan Heru Santoso Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i1.9538

Abstrak

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of workload and job satisfaction simultaneously on the performance of employees of PT. PLN (Persero) Bojonegoro. Testing on the accuracy of respondents' reactions was carried out by distributing questionnaires at PT. PLN (Persero) Bojonegoro and is an employee with a total of 97 respondents. The test method uses Multiple Linear Regression Analysis with SPSS for Windows Version 24 Program. The conclusions obtained are that: (a) Workload has no significant positive effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; (b) Job Satisfaction has a positive and significant effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; and (c) Workload and Job Satisfaction have a simultaneous effect on Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro. The value of the coefficient of determination obtained is 65.0% which indicates that the Employee Performance at PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro can be explained by 65.0% by the independent variables, namely Workload (X1) and Job Satisfaction (X2)
.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh beban kerja dan kepuasan kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) Bojonegoro. Pengujian terhadap ketepatan reaksi responden dilakukan dengan membagikan kuesioner di PT. PLN (Persero) Bojonegoro dan merupakan karyawan dengan jumlah 97 responden. Metode pengujian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan Program SPSS for Windows Versi 24. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya: (a) Beban Kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; (b) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro; dan (c) Beban Kerja dan Kepuasan Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 65.0% yang menunjukkan bahwa Kinerja Karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Bojonegoro dapat dijelaskan sebesar 65.0% oleh variabel independen yaitu Beban Kerja (X1) dan Kepuasan Kerja (X2)

Keywords: service quality, price, trust, intention to purchase

Biografi Penulis

Nia Tufaila, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Yuniawan Heru Santoso, Universitas Airlangga Surabaya

Fakultas Ilmu sosial dan Politik, Universitas Airlangga Surabaya

Referensi

Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statiska. Jakarta: Alfabeta.

Fatihudin, D. (2015). Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi : Dari teori ke praktek. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. . Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson et al. (2012). Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Hafid, I. (2019). Pengaruh Beban Kerja, Stress Kerja, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) UP2B Sistem Makassar . Tesis, 1-192.

Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

LayananPLN. (2016, 10 31). Layanan Listrik Makin Mudah dengan PLN Mobile. Retrieved 07 04, 2021, from Info Layanan PLN: https://layanan.pln.co.id/info-layanan-pln/layanan-listrik-makin-mudah-dengan-pln-mobile

Mahfudz, M. (2017, Juni ). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Stres Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Divisi Sales Consumer PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk. Jurnal Eksekutif, Volume 14 No. 1 , 51-75.

Malhotra, N. (2010). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan (Edisi Keempat, Jilid 2 ed.). Jakarta: PT Indeks.

Munandar. (2012). Psikologi Industry dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Najiba, B. U., Rudi, A., & Rafani, Y. (2017, November). Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Dealer Honda PT Nusantara Surya Sakti Cabang Pangkalpinang). Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), Volume 18, Nomor 2, 40-47.

Pio, J. R. (2015). Kepemimpinan Spiritual : Dimensi-Dimensi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Kepel Pers.

Rindorindo, R. P., Murni, S., & Trang, I. (2019, Oktober ). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Gran Puri. Jurnal EMBA, Vol.7 No.4 , 5953-5962.

Rivai, V. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan (6 ed.). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbin, S. P., & Timothy, A. (2015). Perilaku Organisasi (16 ed.). Jakarta: Selemba Empat.

Rolos, J. K., Sambul, S. A., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Manado Kota. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 6 No. 4, 19-27.

Sagita, D., & Assa, A. F. (2019, Juli - Desember). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Airmas Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 19, No. 2, 1-14.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. BUKU SERU.

Sutrisno, E. (2015). Budaya Organisasi. Jakarta: Prenada Media.

Wahjono et al. (2020). Perilaku Organisasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Widakdo, D. S., Holik, A., & Iska, L. N. (2021). Efek Usia dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian. Jurnal Penyuluhan, Vol. 17 (01), 52-59.

Wilda, A. Y., Sunaryo, H., & Wahono, B. (2020). Analisis Pengaruh Gender, Beban Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma, 48-61.

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-29