Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Akuisisi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI

Penulis

  • Shinta Bella Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Fitrah Sari Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i2.10619

Abstrak

This study aims to analyze financial performance before and after mergers and acquisitions using financial ratio analysis in publicly listed companies on the Indonesia Stock Exchange. Financial performance in this study is measured using financial ratios, namely the liquidity ratio consisting of the Current Ratio (CR), the leverage ratio consisting of the Debt to Total Asset Ratio (DAR) and the Debt to Equity Ratio (DER), the profitability ratio consisting of Return On Investment (ROI) and Return On Equity (ROE), and the market ratio is Earning Per Share (EPS). The sample used is a publicly listed company on the Indonesia Stock Exchange that made an acquisition in 2014. The sample was determined using the purposive sampling method so that 11 companies were sampled. The data used is secondary data. To test the hypothesis, the paired sample statistic test and the paired sample T test were used. The results showed that there was no significant difference in financial performance before and after the acquisition. So it can be concluded that there is no difference in financial performance before and after mergers and acquisitions in go public companies listed on the Indonesia Stock Exchange.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi menggunakan analisis rasio keuangan pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kinerja keuangan pada penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio keuangan yaitu rasio likuiditas yang terdiri dari Current Ratio (CR), rasio leverage yang terdiri dari Debt to total Asset Ratio (DAR) dan Debt to Equity Ratio (DER), rasio profitabilitas yang terdiri dari Return On Investmen (ROI) dan Return On Equity (ROE), dan rasio pasar yaitu Earning Per Share (EPS). Sampel yang digunakan adalah perusahaan go public yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia yang melakukan akuisisi pada tahun 2014. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 11 perusahaan yang dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji paired sample statistic dan uji paired sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak terdapatnya perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah melakukan merger dan akuisisi pada perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Referensi

Erlyene, P., & Musdholifah. (2019). Analisis

Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Akuisitor Sebelum Dan Sesudah Akuisisi Yang Go Publik Antara 2011-2014. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 594-605.

Pratiwi, P. R., & Sedana, I. P. (2017). Analisis

Kinerja Keuangan Perusahaan Multinasional Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Perusahaan Multinasional Pengakuisisi Di Bei). E-Jurnal

Manajemen Unud, 235-263.

Gunawan, K. H., & Sukartha, I. M. (2013).

Kinerja Pasar Dan Kinerja Keuangan Sesudah Merger Dan Akuisisi Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 271-290.

Silaban F.F, S. E. (2017). Analisis Perbandingan

Kinerja Keuangan Akuisisi Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia (Studi Pada Perusahaan Publik Tahun 2010-2013). Jurnal Reviu Akuntansi dan

Keuangan (JRAK), 139-160.

Halim, Cecilia Chandra. (2019). Analisis Kinerja

Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi (Studi Empiris Pada Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2017). Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara

Aprilita Ira, dkk. 2013. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah akuisisi (study kasus pada perusahaan pengakuisisi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2000-2011). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol II No.2.

Bayuristyawan, Tito. 2013. Analisis Manajemen Laba Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun2010-2011. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Keuangan

Perusahaan dan Pasar Modal, Edisi Pertama, Jakarta : Mitra Wacana Media.

Fransiscus Petrus, dkk. 2013. Analisis Kinerja

Keuangan Multinasiona Pasca Akuisisi (Studi Kasuss Perusahaan Pengakuisisi Yg Tetdaftar Di BEI Priode Tahun 2010-2012). Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.

Gumanti, Tatang Ary. 2011. Manajemen Investasi

Konsep, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ketujuh. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Martalena, dkk. 2011. Pengantar Pasar Modal. Yogyakarta : ANDI.

Marzuki, Machrus Ali. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi Pada PT Bank Cimb Niaga Tbk. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.1 No.5.

Melindhar, Suristika. 2014. Analisis Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi Menggunakan Analisis Rasio Keuangan Pada Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bei (periode tahun 2009-2014). Fakultas ekonomi dan bisnis, Universitas Brawijaya, Jl. MT. Haryono 165 Malang.

Pandji dan Piji, 2012. Pengantar Pasar Modal. Edisi revisi, cetakan ketiga. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Prasetyo, Budi. 2008. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktursebelum Dan Sesudah Melakukan Merger Dan Akuisisi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Mayang Puspita, (2012), Analisis Dampak Jangka Panjang Akuisis Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakusisi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Thesis Sarjana Program Pascasarjana Universitas Putra Indonesia “YPTK†Padang (tidak dipublikasikan).

Utari, Dewi, dkk (2014), Manajemen Keuangan, Edisi Revisi, Mitra Wacana. Jakarta : Media.

Iwan Kusuma, Dede. 2006. "Studi Empiris Pemilihan Metode Akuntansi Pada Perusahaan Yang Melakukan Akuisisi Di Indonesia". Jurnal Akuntansi Dan Manajemen. Vol. XVII. No. 1. April. Hal. 11-24.

Payamta Dan Doddy Setiawan. 2004. "Analisis Pengaruh Merger Dan Akuisisi Terhadap Kinerja Perusahaan Publik Di Indonesia". Jurnal Riset Akuntansi Indonesia. Vol. 7. No. 3. September. Hal. 256-282.

www.idx.co.id

www.yahoo.finance.com

Unduhan

Diterbitkan

2021-03-28