FKIP UMSurabaya

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Accelerated Instruction Sebagai Solusi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Teorema Pythagoras

Dewi Setiawati, Yatha Yuni

Sari

Meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Bekasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Accelerated Instruction (TAI) merupakan tujuan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus. Subjek yang diteliti 40 peserta didik kelas VIII ketika mempelajari materi teorema pythagoras. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi, tes bentuk uraian, dan wawancara. Hasil penelitian menemukan pada siklus I, rata-rata aktivitas peserta didik pada seluruh aspek yang diteliti baru mencapai 2,0, pada siklus II meningkat menjadi 2,8 dan pada siklus III menjadi 3,6 dari skor maksimal 4,0. Rata-rata hasil tes pada siklus I yang mencapai KKM baru 35%, pada siklus II meningkat 62,5%, dan pada siklus III menjadi 87,5%.  Peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II 27,5% dan dari siklus II ke siklus III 25%. Karena indikator keberhasilan penelitian sudah tercapai, maka penelitian dihentikan pada siklus III. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan, upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema pythagoras melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI berhasil mencapai target penelitian dengan pencapaian ketuntasan pada siklus III sebesar 87,5%.

 

Kata Kunci

hasil belajar matematika, kooperatif tipe TAI, teorema pythagoras

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aedi, W. G. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.691

Alghadari, F., Herman, T., & Prabawanto, S. (2020). Factors Affecting Senior High School Students to Solve Three-Dimensional Geometry Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(3), em0590.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Auliya, N. N. F. (2019). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 1(1).

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Fiteriani, I., & Arni, S. (2016). Model pembelajaran kooperatif dan implikasinya pada pemahaman belajar sains di SD/MI (studi PTK di kelas III MIN 3 Wates Liwa Lampung Barat). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 94–115. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1191/2169

Huda, N. (2011). Analisis Faktor-Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Smp N 1 Muaro Jambi. Journal Sains Dan Matematika, 3(1), 14–30.

Manja, L. (2020). Magnet Puzzle Media untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Aljabar pada peserta didik SMP. Jurnal Serambi Akademica, 8(1), 177-185. http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1951/1561

Mardapi, D., Hadi, S., & Retnawati, H. (2015). Menentukan kriteria ketuntasan minimal berbasis peserta didik. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 38–45. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4553

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112-125. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Murti, Y., Yuni, Y., & Zuhriyah, A. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Statistika antara Metode Tutor Sebaya dan Two Stay Two Stray. Prosiding …, 1–4. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/124

Noor, A. N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI Dan TPS) Dan Aktivitas Belajarterhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang). Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 65–75.

Rahmawati, R. D., & Mahmudi, A. (2014). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Stad Dan Tai Ditinjau Dari Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 102. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2648

Sidi, R. R. (2018). Kelas Vii Pada Materi Aljabar Dengan Menggunakan. 5(1), 39–50.

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Slavin, R. E. (1982). Cooperative Learning: Student Teams. National Education-Association of the United States.

Subadi, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). FKIP UMS.

Suhardjono, S., Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://bit.ly/2MXn3xs

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep bangun ruang siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 338–349.

Widodo, S. A. (2015). Keefektivan Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4388

Yuni, Y., Darhim, & Turmudi. (2018). The attitude of risk taking Islamic junior high school (MTs) students in learning mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012113


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.9791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.