Optimalisasi Pembelajaran dan Bimbingan Konseling Saat Pandemi COVID-19 di TK Unggulan An-Nur Surabaya

Nur Qomariyah (1), Imam Syafi’i (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abstrak

Salah satu dampak saat pandemi adalah pendidikan. Bagaimana pembelajaran tetap berlangsung walaupun dalam masa pandemi Covid-19. Namun, banyak wali murid yang merasa bahwa pembelajaran daring jika diterapkan pada anak usia dini dirasa kurang maksimal. Penelitian ini menerapkan pendekatan fenomenal deskriptif dengan teknik wawancara dan obervasi. Instrumen pertanyaan wawancara berisikan 30 pertanyaan, dengan narasumber kepala sekolah dan 7 guru kelas yang ada di TK Unggulan An-Nur Surabaya. Hasil penelitian ini adalah Di TK Unggulan An-Nur Surabaya menerapkan pembelajaran daring maupun luring. Bimbingan dan konseling tetap diterapkan sebagaimana sebelum pandemi. Saat pembelajaran melalui daring, wali murid dapat berkonsultasi pribadi dengan guru kelas. Kegiatan home visit yang dilakukan adalah sebagai bentuk observasi yang dilakukan oleh sekolah ke rumah wali murid dengan tujuan mengobservasi bagaimana latar belakang peserta didik dan lingkungannya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING.

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19). Direkorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.

KURNIATI, E. (2018). BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH; PRINSIP DAN ASAS. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Pemerintah Pusat Republik Indonesia. PP No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) [JDIH BPK RI]. , Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional § (2020).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tuti, F. M., Musriandi Riki, & Suryani Linda. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Dedikasi Pendidikan.

Veronica, N., & Gupita, N. (2020, February). Electronic media and language development of early childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1469, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.

Penulis

Nur Qomariyah
dhommy.arsam@gmail.com (Kontak utama)
Imam Syafi’i

Rincian Artikel

No Related Submission Found