FKIP UMSurabaya

Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Peserta Didik Kelas V

Aninditya Sri Nugraheni, Alma Pratiwi Husain, Sri Nur Rohani

Sari

Menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menulis harus digali agar peserta didik terbiasa menulis dan mampu mengembangkan ilmu, pengalaman dan wawasannya. Permasalahan yang terjadi adalah peserta didik kesulitan untuk menulis, bingung dengan yang akan ditulis, dan bagaimana menyampaikan ide atau gagasan melalui media tulis. Berdasarkan hal ini perlu adanya suatu strategi pembelajaran, yang dapat menghubungkan kenyataan yang dialami peserta didik (domain otak kanan) dengan penalaran atau pengungkapan ide tulisan (domain otak kirinya). Strategi pembelajaran berbasis neurosains ini diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dialami pada saat menulis, peserta didik menjadi gemar dalam keterampilan menulis, serta menumbuhkembangkan kreativitasnya dalam menulis.

Kata Kunci

Strategi pembelajaran, Neurosains, Keterampilan menulis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran,. Remaja Rosdakarya,.

Dale H. Schunk. (2012a). Learning Theories An Educational Perspektif, terj. Eva Hamidah dan Rahmat Fajar,. Remaja Rosdakarya,.

Dale H. Schunk. (2012b). Learning Theories An Educational Perspektif, terj. Eva Hamidah dan Rahmat Fajar,.

Erniati. (2015). Pembelajaran Neurosains dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pondok Pesantren. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12.1, 43–69.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan,.

Hamzah B. Uno. (2008). Perencanaan Pembelajaran,. Bumi Aksara,.

Nana, S. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan,. Remaja Rosdakaraya,.

Saiful Sagala. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran,. al-Fabeta,.

Slamet. (2008). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia,. UNS Press.

Slamet. (2008). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia,.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan,. Alfabeta,.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Dalam Kajian Neurosains,. Remaja Rosdakarya,.

Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Dalam Kajian Neurosains,.

Suyadi. (2018). Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains: Robotik Akademik dan Saintifik. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13. 2, 2311–262.

Taufik Pasiak. (2004). Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ untuk Kesuksesan Hidup,.

Taufik Pasiak. (2006). Manajemen Kecerdasan Memberdayakan IQ, EQ dan SQ untuk Kesuksesan Hidup,. PT. Mizan Pustaka.

Taufik Pasiak. (2007). Brain Management for self improvement,. PT Mizan Pustaka,.

Yusuf Abidin. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter,. Rafika Aditama,.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.8796

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.