FKIP UMSurabaya

Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik di Era Pandemi Covid-19

Yuli Khoirinnida, Wawan Shokib Rondli

Sari

Artikel ini memiliki tujuan utama untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik di era pandemi covid-19. Untuk memahami fenomena tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Terdapat 31 orang partisipan yang terdiri dari 1 orang guru kelas dan 30 orang siswa. Untuk mengumpulkan data di lapangan digunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Triangulasi digunakan sebagai teknik keabsahan data, sedangkan analisis data menggunakan tradisi kualitatif dengan model interaktif-induktif. Hasil penelitian mengungkap bahwa penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik di era pandemi covid-19 dilaksanakan melalui pembelajaran secara daring mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai pada penilaian. Penilaian menggunakan model portofolio. Meskipun demikian praktiknya lebih menekankan pada karakter mandiri dan integritas. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan penelitian penguatan pendidikan karakter secara daring dengan berbagai model penilaian yang dapat mengakomodir kelima nilai karakter utama yang diamanahkan dalam permendikbud nomor 20 tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter.

Kata Kunci

covid-19, karakter, tematik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amelia, D. J. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Multiple Intelligences di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1439

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktik. Rineka Cipta.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Dalyono, B., & Dwi Lestariningsih, E. (2016). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. In Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora (Vol. 3, Issues 2, Oktober). https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/865

Fahmi, M. H. (2020). KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DALAM E-LEARNING PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Nomosleca, 6(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947

Faza Ahmad, I. (2020). ALTERNATIVE ASSESSMENT IN DISTANCE LEARNING IN EMERGENCIES SPREAD OF CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) IN INDONESIA. Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, R., & Fernandes, R. (2020). Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.64

Gunawan, C. I., & Yulita. (2020). ANOMALI COVID-19 : DAMPAK POSITIF VIRUS CORONA UNTUK DUNIA (M. A. M (ed.); Pertama). CV IRDH. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CWzuDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT5&dq=Gunawan,+++C.+++I.,Yulita,+2020&ots=Sdf-oCde2P&sig=QL7sQMykavgmgWlw0kj1gNBsNW0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Hastuti, S., & Marzuki, I. (2021). MODEL ASESMEN ALTERNATIF DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19. Tadarus Tarbawy, 3(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/4252

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede | hutami | PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107

Miles,M.B. & Huberman, M. a. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd Ed.)., 20(1), 159–160. https://doi.org/10.1016/S1098-2140(99)80125-8

Moeljadi, P. (2004). PORTOFOLIO: MODEL PENILAIAN DESAIN BERBASISKAN KONSTRUKTIVISTIK | Nirmana. Nirmana, 6(1), 63–81. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.6.1.

Muklis, M. (2012). PEMBELAJARAN TEMATIK. Pembelajaran Tematik FENOMENA, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.21093/FJ.V4I1.279

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). INTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) ERA 4.0 PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

Phopam, W. J. (2018). Classroom Assessment What Teachers Need to Know (Eighth). Pearson.

Rondli, W. S. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Melalui Lesson Study di Sekolah Dasar. In T. Hartati, M. Agustin, & M. Somantri (Eds.), Konferensi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Dasar Sps Upi Menyongsong Generasi Emas 2045 (pp. 868–872). Pendidikan Sekolah Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. http://eprints.umk.ac.id

Sudrajat, D. (2017). PORTOFOLIO: SEBUAH MODEL PENILAIAN DALAM KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). http://intelegensia.org/index.php/intelegensia/article/view/16

Wijanarti, W., Nyoman, I., Degeng, S., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 4, Issue 3). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Moral Pancasila. In Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran PKn (2nd ed., pp. 1.1-1.36). Universitas Terbuka.

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). In Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.8696

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.