FKIP UMSurabaya

PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA MELALUI PROGRAM LESSON STUDY

Lailatul Juniyati, Hasnatul Ummah, Zuhrotun Nisa’, Mega Desi Ambarwati, Shofiatul Aini, Wahyuddin Maha Putra

Sari

ABSTRAK


Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran (Plan) untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran dan mengamati pelaksanaan (Do) serta melakukan refleksi (See) untuk mendiskusikan pembelajaran yang
dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Lesson Study yang telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 8 ini telah memberikan banyak manfaat baik bagi peserta didik maupunpendidik yaitu: (1) perbaikan kemampuan guru dalam merencakan dan melaksanakan pembelajaran semakin baik, (2) mampu menumbuhkan motivasi dan semangat belajar pada siswa, (3) mampu meningkatkan profesionalitas guru dalam mengajar. (4) menumbuhkan kekompakan dan keterbukaan antara guru yang satu dengan lainnya dalam menyusun perencanaan dalam mengajar. Dengan demikian kegiatan seperti ini perlu adanya kerjasama yang berkesinambungan guna meningkatkan mutu pendidikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Lentera Cendekia

Aqib, Zaenal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Aryawan, Bambang. 2009. Pembelajaran Kooperatif untuk Membangun Pengetahuan Siswa. (http//riyadi. purworejo.

asia200907pembelajaran-kooperatif-cooperative. html, diakses 3 Februari 2011).

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Wahyuni, Nur Esa. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v15i2.75

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.